5 Hari di Hong Kong

Night in Hong Kong

Diantara kota-kota di luar negeri yang sering disebut-sebut namanya mungkin salah satunya Hong Kong. “Dapet dari mana, dari Hong Kong…”. Kurang lebih seperti itulah. Alhamdulillah, sungguh tidak sempat terlintas dalam benak suatu saat mendapat kesempatan benar-benar ke Hong Kong. Cerita lengkapnya mungkin akan panjang, namun dalam tulisan ini saya hanya akan berbagi tentang 5 hari di Hong Kong.

4 November 2012. Sekitar pukul 7 kami berangkat dan siang sekitar jam 2, sudah sampai di bandara Hong Kong International Airport (HKIA). Karena ini kali pertamanya sebagian besar dari kami ke luar negeri, maklum agak sedikit kagok tentang urusan imigrasi. Tapi, karena tidak perlu visa nampaknya urusan masuk Hong Kong lumayan mudah. Menunggu jemputan di bandara sebesar itu juga menegangkan apalagi jika tidak tahu sama sekali bahasa Cina Kanton. Penjemput dari Hostel pun ternyata tidak bisa berbahasa Inggris, dan akhirnya terjadilah komunikasi tubuh namun beruntung kami dapat sampai hostel dengan aman dan tepat. Hostel kami di daerah Kowloon.

5 November 2012. Semalam sudah di Hong Kong. Adzan tidak akan Anda dengar di sini jadi bagi muslim siapkan mental sebelum ke tempat ini. Hari itu kami harus jalan-jalan, tapi tunggu, ini bukan acara untuk liburan, jalan-jalan atau semacamnya. Kami ber-10 ke sini untuk mengikuti lomba biologi sintetik tingkat Asia (iGEM : International Genetically Engineered Machine) mewakili Institut Pertanian Bogor, mungkin juga Indonesia karena satu-satunya dan pertama kali peserta dari Indonesia ikut di acara ini. Oke, saya kembali lanjutkan. Hari itu kami harus mendaftarkan ulang ke kampus Hong Kong University of Science and Technology (HKUST) di daerah Clear Water Bay. Lokasi kampus dari hostel lumayan jauh, harus naik MTR (Mass Transit Railway) 3 kali ganti kereta kemudian naik bis dan sampai, memakan waktu kira-kira 1-1,5 jam.

6 November 2012. Ini hari utamanya, hari ini tim kami terjadwal untuk presentasi oral dan poster untuk lomba ini jadi sehari-semalam di kampus HKUST. Kampus ini (katanya) adalah kampus terbaik di Asia. Wih, keren. Namun, di kampus sebesar ini Anda yang muslim tidak akan menemukan satu mushola pun. Ketika ditanya ke mahasiswa setempat “Is there any prayer room for moslem here ?” mereka bingung sejenak, namun akhirnya mempersilahkan kami di ruang kelas saja jika ingin sholat. Beginilah mungkin rasanya menjadi minoritas. Acara hari itu sangat melelahkan karena sampai pukul 10.00 malam kami masih ada di kampus dan baru selesai, untungnya transportasi di Hong Kong masih tersedia di jam-jam tersebut.

7 November 2012. Pengumuman juara. Sayang sekali, tim kami belum mendapatkan nominasi di kompetisi ini karena masih banyak kekurangan dalam proyek yang dikerjakan. Jika Anda berpikir ini kompetisi yang tidak bergengsi, boleh saja, tapi nampaknya harus dipikir ulang karena peserta yang ikut berasal dari universitas terkemuka di Asia. Kyoto Univesity, Korea (Seoul) Universiy, Tokyo University, Tokyo Metropolitan University, Hokkaido University, banyak yang lainnya dan yang pasti Bogor Agricultural University (IPB). Asal negara peserta kebanyakan dari China, Jepang, Taiwan, Korea, India, Singapura, Indonesia dan Australia. So, mungkin memang butuh pengalaman yang memadai untuk menggondol medali di kompetisi ini. Sore hari pulang dari kampus yang berarti acara resmi kompetisi ini sudah selesai. Namun acara di Hong Kong belum selesai sampai pulang tentunya. Malam hari kami jalan-jalan ke suatu tempat “Symphony of Light“. Pertunjukan lampu cahaya dari gedung pencekar langit yang ada di Hong Kong.

8 November 2012. Tanggal itu tertera di tiket pulang, berarti bersiap-siap kembali ke Indonesia. Eits, namun di tiket tertera jam kepulangan sekitar jam 3 sore jadi ada waktu yang bisa dimanfaatkan untuk berkenalan lebih jauh dengan Hong Kong. It’s free time. Kami hanya jalan-jalan membeli sedikit oleh-oleh dan mengunjungi tempat-tempat yang tidak terlalu jauh dari penginapan. Menghabiskan dolar Hong Kong yang kita punya, hehe. Sekitar jam 10 malam sampai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan kembali ke Kampus tercinta.

Cerita lainnya tentang Hong Kong menyusul, InsyaAllah..

3 comments

1. Yupz,hongkong adlh negera yg ku cinta stlah indonesia N arabia heee sng sX saya jg bs tggl di hongkong lama.

2. Aneh ya orang yg menjemput kalian, masak tidak bisa bicara Bahasa Inggris. Secara Hongkong kan ex jajahan Inggris, bahkan film-filmnya Jimmy Lin, Boboho, dan Andy Lau kan kebanyakan berbahasa Inggris.