Hong Kong “Where East meets West”

hong_kong_map_of_cities

Peta Hong Kong

Hong Kong (香港) merupakan salah satu Daerah Administratif Khusus Republik Rakyat China (RRC) atau  special administrative region (SAR) of the People’s Republic of China (PRC). Hong Kong di bawah kekuasaan Inggris selama 156 tahun yaitu dari tahun 1842 pasca kekalahan China dalam perang Opium pertama hingga dikembalikan ke China pada 1 Juli 1997. Oleh sebab itu, jangan heran jika Hong Kong disebut tempat dimana Timur dan Barat bertemu (East meets West). Luas daerah Hongkong adalah 1.104 km persegi dengan 7 juta orang yang mendiaminya membuat tempat ini menjadi tempat salah satu terpadat di dunia. Penduduk Hong Kong sebanyak 95% merupakan etnis Tiong Hoa. Di bidang pemerintahan, daerah ini memiliki otonomi yang tinggi dalam mengatur pemerintahannya kecuali di bidang pertahanan dan hubungan luar negeri masih terikat dengan RRC. Dolar Hong Kong yang merupakan mata uang Hong Kong merupakan mata uang yang ke-8 tertinggi dalam perdagangan dunia. Bahasa resminya  secara de facto adalah bahasa Cantonese, bahasa China yang berasal dari daerah GuangDong, sebuah provinsi sebelah utara Hong Kong. Bahasa Inggris menjadi bahasa kedua namun hanya dipakai oleh 34.9 % penduduknya. Di Hong Kong akan banyak terlihat gedung-gedung pencakar langit, namun jangan salah itu tidak semua adalah perkantoran ataupun apartemen mewah namun sebagian adalah rumah susun yang bahkan mencapai puluhan lantai.

Salah satu yang sangat mengesankan dari Hong Kong adalah transportasi yang nyaman sehingga hampir 90 % orang senang menggunakan transportasi umum, dan persentase tersebut merupakan yang tertinggi di dunia, WAW ! Ini salah satu yang bisa dicontoh Indonesia khususnya Jakarta.

Pernah mendengar MTR (Mass Transit Railway) ini merupakan transportasi penting dan utama di Hong Kong. Dengan rute yang meliputi seluruh wilayahnya transpotasi ini memang menjadi andalan. Sistem pembayaran yang unik namun keren. Bagi yang baru di Hong Kong, untuk memudahkan Anda jalan-jalan, tidak ada salahnya membeli Octopus Card dulu seharga 100 Dolar HK dengan jumlah saldo di dalamnya 50 Dolar. Dengan kartu sakti ini kita tidak perlu repot menyiapkan uang (fisik) untuk menikmati jasa transportasi di Hong Kong. MTR, Bis, Kapal Feri dan outlet makanan pun menyediakan fasilitas untuk membayar dengan kartu ini. Sistem deteksi yang kuat membuat kartu ini tidak perlu dikeluarkan dari dompet atau bahkan tas jika ingin lewat pintu karcis. Keren.

DSC_0004

Di dalam MTR

5 Hari di Hong Kong kemarin sayangnya hanya dapat menngunjungi satu tempat wisata saja, Symphony of Light yang ada setiap jam 8 malam setiap harinya di Star Avenue. Lebih dari 40 gedung di sebelah pelabuhan Victoria memancarkan cahaya yang menakjubkan diiringi dengan irama musik. Pertunjukan ini tercatat di rekor dunia Guinness World Records sebagai  the ‘World’s Largest Permanent Light and Sound Show’ .

DSC_0623

Symphony of Light from Star Avenue

Advertisements

One comment

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s