Terapi Gen ?

Untuk memudahkan kita memahami apa itu terapi gen, coba kita analogikan dengan situasi ini : Bayangkan ketika Anda tidak sengaja merusak salah satu jendela rumah tetangga Anda. Apa yang akan Anda lakukan? Anda bisa:

1. Tinggal diam: Mungkin tidak ada seorang pun akan mengetahui bahwa Anda bersalah, dan jendela tetap rusak.

2. Anda cobalah untuk memperbaiki jendela rusak tersebut dengan tali (diikat): namun bukan solusi jangka panjang.

3. Mengganti dengan jendela baru: anda tidak hanya mengatasi masalah, tetapi juga anda melakukan hal yang terhormat.

Nah, apa bagaimana dengan terapi gen?

Kita bisa menganalogikan penyakit sebagai “jendela yang rusak.” Banyak kondisi medis hasil dari kekurangan zat esensial tubuh, atau mutasi, dalam satu atau lebih pada gen seseorang. Mutasi menyebabkan protein yang dikode oleh gen rusak. Ketika malfungsi protein, sel-sel yang mengandalkan fungsi yang protein tidak bisa bersikap dengan normal dan menyebabkan masalah untuk seluruh jaringan atau organ. kondisi medis yang berkaitan dengan mutasi gen disebut kelainan genetik.

Jadi, jika sebuah gen cacat yang disebabkan kita “jendela rusak,” bisa kita “memperbaiki” itu? Apa saja pilihan anda?

1. Tinggal diam: mengabaikan gangguan genetik dan tidak ada diperbaiki.

2. Mencoba untuk mengobati gangguan dengan obat atau cara lain: tergantung pada gangguan tersebut, pengobatan mungkin menjadi solusi jangka panjang yang baik atau mungkin tidak.

3. Membuat normal kembali menggunakan kopian gen yang normal : jika Anda dapat melakukan hal ini, mungkin memecahkan masalah!

Jika berhasil, terapi gen menggunakan cara untuk memperbaiki masalah pada sumbernya. Penambahkan faktor koreksi salinan gen dapat membantu sel-sel yang terkena, jaringan dan organ bekerja dengan baik. Terapi gen berbeda dari pendekatan berbasis obat tradisional, yang dapat mengobati masalah, tetapi yang tidak memperbaiki cacat genetik yang disebabkannya.

Namun terapi gen bukanlah solusi sederhana – itu bukan perban molekul yang secara otomatis akan memperbaiki gangguan. Meskipun para ilmuwan dan dokter telah membuat kemajuan dalam penelitian gen terapi, masih banyak penemuan/penelitian lagi yang harus dilakukan sampai mendapatkan potensi penuh. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s