TOEFL Prediction (IPB Darmaga)

TOEFL

TOEFL atau (Test of English as Foreign Language) adalah tes yang sangat populer sebagai acuan kemampuan berbahasa inggris. Untuk institusi seperti IPB, tersedia tes TOEFL dari institusi atau Institutional TOEFL yang diselenggarakan oleh unit pelatiha bahasa (UPT) IPB baik Darmaga maupun Gunung Gede. Nah, dalam rangka mendapatkan TOEFL tersebut tanggal 12/01/2013 kemarin saya ikut prediction dulu di UPT Bahasa Darmaga dengan biaya 100.000 IDR (sudah termasuk biaya sertifikat). Jadwal tes ini bisa langsung ditanyakan ke sekretariat unit bahasa di perpustakaan IPB. Beberapa hal yang ingin saya bagikan mengenai prediction yang saya ikuti kemarin :

1. Karena tidak GRATIS, siapkan diri Anda dengan baik. Mulai berlatih dari buku tes TOEFL ataupun website di Internet mengenai tata bahasa, mendengarkan (listening).

2. Datanglah ke tempat ujian minimal 10 menit sebelum tes dimulai. Jika Anda datang terlambat sangat disayangkan sekali karena tes bagian pertama adalah tes mendengarkan dan pastinya tidak ada pengulangan. Soal listening sekitar 40an dan dilapalkan dengan cepat oleh native speaker serta tidak ada pengulangan.

3. Sepertinya tidak perlu menggunakan pensil 2B karena lembar jawaban yang digunakan bukan dioreksi dengan komputer (LJK)

4. Alokasikan waktu untuk menjawab soal dengan baik. setelah soal mendengarkan akan ada soal struktur yaitu memilih bentuk yang salah yang ada dalam kalimat (waktu 25 menit untuk 40an soal).

5. Tes bagian terakhir menguji kemampuan membaca (reading skill). Anda akan disuguhkan beberapa wacana yang benar-benar menguji keluasan perbendaharaan kata (vocabulary). Soal akan menanyakan apa ide wacana diatas ? apa ide yang ada di paragraf ke-… ? Apa sinonim kata “dominated” (misalnya) ? Pernyataan apa yang tidak ada dalam paragraf ke-2 ? Semua pertanyaan tersebut dalam bentuk pilihan ganda, jumlahnya sekitar 50-60an soal. Satu wacana biasanya untuk 5-7 soal. Waktu yang Anda miliki hanya 55 menit, jadi satu soal maksimal dikerjakan 1 menit atau bahkan kurang. Mungkin sedikit tips untuk bagian ini, Jangan membaca keseluruhan paragraf karena akan menyita waktu Anda (yang sangat berharga), jika bisa menjawab dengan tepat tanpa harus membaca seluruh teks, kenapa tidak ?? Namun, jika yang ditanyakan berupa ide paragraf atau ideo pokok tulisan Anda harus membaca keseluruhan (apa boleh buat).

6. Tips untuk melatih kemampuan listening Anda, silahkan sering-sering berkunjung ke website ini (http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/general/sixminute/). Di link tersebut, ada banyak rekaman percakapan bahasa Inggris selama 6 menit (British) yang diupdate seminggu sekali. GRATIS dan MUDAH untuk diunduh dalam bentuk .mp3 dan .pdf. Topik yang dibahas sangat menarik dan bermacam-macam. Selain program 6 minutes english, adal program lain dalam http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish yang juga bisa diunduh secara gratis dan mudah. So, latihan tidak perlu mahal dan repot-repot.

7. Melatih kemampuan membaca dan perbendaharaan kata bisa dilakukan dengan “melahap” koran atau berita berbahasa inggris seperti portal berita Internasional, the jakarta post, portal bbc, voa, onislam.net dan banyak lainnya. Mulai dengan membaca dan menuliskan kata-kata yang Anda tidak tahu dan carilah terjemahannya.

8. Hasil tes prediksi ini diumumkan seminggu setelah tes dilaksanakan. Tentu hasilnya dapat dijadikan bahan pertimbangan kesiapan untuk menghadapai TOEFL yang sebenarnya.

Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat

Next : Hasil TOEFL Prediction dan Jadwal TOEFL ITP IPB

Advertisements

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s