Membuat Paspor di Belitung

pasporDomisili di Pulau Belitung namun berencana membuat Paspor ? Jangan khawatir, walaupun pembuatan paspor jarang didengar di Belitung namun ternyata bisa dilakukan di Pulau Belitung tanpa harus ke Bangka. Sebelum itu, Paspor itu sendiri adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Paspor sebenarnya ada beberapa jenis, antara lain paspor umum, paspor diplomatik, paspor dinas, paspor kelompok dan paspor asing.

Di Blog ini saya ingin berbagi pengalaman tentang pengurusan pembuatan paspor umum di Belitung karena saya pernah membuat paspor umum (warna hijau) untuk suatu perjalanan ke luar negeri di kantor Imigrasi kelas II Tanjung Pandan (Di depan SMK 1 Tanjung Pandan) pada 14 Agustus 2012 lalu. Langkah-langkah berikut dapat diperhatikan dalam mengurus paspor umum :

1. Cek data diri Anda yang ada pada dokumen berikut : Akte Kelahiran, Ijazah terakhir, KTP, dan Kartu Keluarga. Hal yang harus Anda perhatikan adalah kesamaan NAMA dan TEMPAT, TANGGAL LAHIR.

2. Berkas yang dibutuhkan ketika mengajukan permohonan pembuatan paspor adalah fotokopi dokumen di atas. Namun, jangan terburu-buru. Jangan difotokopi dulu karena akan di cek DOKUMEN ASLI-nya oleh petugas kantor imigrasi. Jadi, bawa dokumen aslinya ketika pertama ke kantor imigrasi ya. Selain itu, ada format khusus untuk fotokopi KTP (misalnya) untuk keperluan pembuatan paspor ini (tuh kan, makanya jangan difotokopi dulu). Di sebelah kantor imigrasi ada fotokopian dan biasanya udah “ngeh” format untuk keperluan paspor.

3. Setelah berkas dokumen di atas OK. Anda tinggal mengisi lembar perndaftaran atau permohonan. Ada contoh pengisiannya di kantornya.

4. Setelah itu, Anda akan diminta kembali besoknya (pada hari kerja) untuk diwawancara dan diambil sidik jari dan fotonya. Pewawancara menanyakan siapa nama Anda, tempat tanggal lahir, nama ayah, ibu, intinya data yang ada pada dokumen yang Anda serahkan sebelumnya untuk menegaskan bahwa Anda memang benar orang yang memiliki data tersebut. Jangan takut, slow aja. Masa tempat tanggal lahir sendiri ndak tahu kan ?? Selain itu, untuk keperluan apa membuat paspor ? Jawab jujur saja apa adanya.

5. Datang berikutnya Anda bisa mengambil buku paspor yang sudah jadi. Biayanya tertera di kantor sebesar 250.000-300.000 (waktu saya buat 300.000). Memang harus beberapa kali bolak-balik ke Tanjung Pandan karena urusan ini tapi sepertinya untuk pengambilan bisa diwakilkan.

6. Paspor Anda selesai dan siap berangkat. Jika ingin keluar negeri dan memesan tiket biasanya dibutuhkan No. Paspor (jangan sampai salah ya).

7. Karena yang membuat paspor di Belitung sedikit jadi kantornya lumayan sepi jadi tidak perlu antri.

Semoga Bermanfaat

Advertisements

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s