Serba Serbi Bahasa Jepang

Nihongo_Horizontal

Nihon-go (Bahasa Jepang)

Bahasa Jepang merupakan bahasa resmi yang digunakan di Negara Jepang (Japan) yang dipakai sehari-hari sebagai bahasa utama oleh 127 juta orang penduduk Jepang dan 2,5 juta orang keturunan Jepang yang adadi luar Jepang.Negara Jepang dalam simbol Kanji sendiri terdiri dari 日本 [Nihon] yang berarti Matahari (Sun) dan Dasar/Landasan (Base) atau Tanah Matahari Terbit (Land of the Rising Sun).

Kanji pertama kali didatangkan dari China pada abad ke-5 melalui semenanjung Korea. Tidak seperti bahas China modern saat ini yang menggunakan sekitar 6000 karakter kanji, bahasa Jepang hanya menggunakan 2000 karakter saja. Dalam penulisan bahasa Jepang mengkombinasikan antara Kanji, Hiragana dan Katakana. Kanjidigunakan untuk menyampaikan arti/makna kata sedangkan Hiragana melengkapi untuk menyampaikan tata bahasanya. Kata kerja yang disimbolkan dengan kanji biasanya diikuti oleh hiragana di akhirnya yang juga berfungsi dalam menentukan “grammar” atau disebut OKURIGANA. Katakana adalah huruf turunan Kanji yang kaku dan digunakan untuk menulis kata-kata dari bahasa asing atau 外来語 [gairaigo]  misalnya nama negara, nama orang asing, kata serapan lain misalnya TV  テレビ [terebi].

Walaupun Kanji sudah diintroduksi ke Jepang pada abad ke-5 namun karya tulisan yang dibuat di Jepang baru muncul 5 abad setelahnya yaitu, tahun 1007 berupa sebuah novel yang berjudul 源氏物語 [Genji Monogatari], Dogeng Genji ditulis oleh Murasaki Shikibu.

Struktur kalimat bahasa Jepang kadang membuat bingung karena berbeda dari bahasa Indonesia dan Inggris. Contoh kalimat : watashi wa terebi o mimasu [saya televisi (sedang) menonton]. Kita harus mendengarkan sampai akhir kalimatnya jika ingin mengetahui apa yang diinginkan pembicara karena di akhir terdapat kata kerja. Kata dalam bahasa Jepang tidak memiliki gender atau jenis kelamin sama seperti bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, namun bahasa Jepang tidak memiliki sistem jamak atau plural.

Advertisements

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s