Tes JLPT Jakarta 2013

Hampir sama seperti TOEFL untuk melihat kemampuan kecakapan bahasa Jepang orang non-Jepang ada tes yaitu Japanese Language Proficiency Test (JLPT). Ada 5 tingkatan tes JLPT saat ini mulai dari yang termudah yaitu N5 hingga yang paling susah N1. Namun sayang, tidak seperti TOEFL yang banyak diselenggarakan oleh berbagai lembaga/ organisasi, tes JLPT kadang susah dicari karena hanya diselenggarakan oleh tempat-tempat yang resmiatau yang terdaftar dari panitia JLPT di Jepang. Di Indonesia ada beberapa tempat yang menyelenggarakan tes ini  : Universitas Darma Persada, Jakarta (+62(21)864-7373), Bandung (+62(22)7796388), Surabaya (+62(31)7532809), Medan (+62(61)8223531), Yogyakarta (+62(274)513096), Padang (+62(751)444-660), Denpasar (+6281323154215), Manado (+62(431)869121) . Lebih jelasnya info mengenai kontak dan alamat e-mailnya silahkan klik ini.

Karena saya juga berencana untuk ikut tes JLPT tahun ini, jadi saya sempat mengontak panitia penyelenggara di Jakarta/ Univ. Darma Persada. Saya menanyakan mengenai Waktu Pelaksanaan Tes, Harga/Biaya Tes, serta Cara Mendaftar. Berikut informasi yang saya dapatkan :

Pendaftaran JLPT Jakarta untuk Periode Juli 2013 : 18 Maret-5 April 2013

Biaya Tes JLPT  N4 dan N5 : 85.000 IDR

Cara Pendaftaran : Datang ke kampus UNSADA atau Japan Foundation dan foto 3×4 2 buah serta biaya.

Informasi selengkapnya tentang JLPT dan materi belajar JLPT serta contoh soal dapat dilihat di website ini. Namun, jika belum berencana ikut JLPT tapi hanya ingin belajar bahasa jepang saja, di link ini ada beberapa materi belajar bahasa Jepang.

Nah Saya pernah nanya ke panitia UNSADA (sadanet@indo.net.id) pas bulan Juni 2012 “Apakah pendaftaran JLPT periode Juli (tahun 2012) masih bisa atau tidak ?” Saya dapat jawaban : “JLPT untuk periode Juli sudah tutup. JLPT Periode Desember 2012 pendaftaran dibuka bulan Agustus. Tempat pendaftaran/ tes di Jakarta”. Kemungkinan sama setiap tahunnya, karena biasanya selalu serempak di semua negara penyelenggara JLPT. Jika ingin lebih jelas silahkan hubungi panitia penyelenggara JLPT terdekat dari tempat Anda.

Semoga Bermanfaat

Next : All about JLPT N4 and N5 (Dalam bahasa Indonesia)

27 comments

  1. fadhil-senpai..
    Mau tanya nih..
    Aku mau daftar JLPT di JF, tapi nanti test nya diadakan dimana ya? (lokasi: jakarta)
    trus kak fadhil uda sampai level apa?

  2. Michiyo, Kebanyakan lokasi pelaksanaan Tes JLPT di Indonesia di universitas, kalo di Jakarta di UNSADA (Universitas Darma Persada), kalo di Bandung di UNPAD. Saya tahun ini mau ikut yang N4, baru mau ikut juga tahun ini. hehe

  3. sepertinya nggak ada pendaftaran onlinenya, harus langsung ke tempat penyelenggara karena setahu saya form pendaftaran cukup banyak yg diisi.

  4. Klo hari Sabtu minggu sama hari besar buka gak ya pendaftarannya?? misalnya tgl 29 Maret besok??

  5. Sora, Klo Sabtu buka soalnya udah ada teman yang daftar di JF Sabtu kmren, katanya formnya lumayan banyak yang diisi. Klo minggu atau hari besar saya kurang tau jg.

  6. Permisi,,,
    makasih info nya sangat membantu.

    mw nanya, bwat pendaftaran sepertinya hrs secara langsung, tapi bisa g saya daftar lewat yang di UNPAD? kebetulan saya domisilinya di Bandung soalnya

  7. Sama-sama. iya, Des harus langsung. Kalo di bandung stahu saya di UNPAD. Saya jg dapat info sari blog lain katanya di Bandung tahun kmrin dia daftar di ke gedung Pratyoka (di jalan Supratman, Bandung), tapi saya jug nggak tahu tepatnya dimana itu, hhe.

  8. insyaallah ikut. pernah ikut sekali tahun 2008, wkt itu level paling bawah 4.

    Baca info di blog fadil jadi tau klo setelah 2008 level 4 setara level 5. terimakasih infonya.

  9. Oy bg,klu formulir & biaya pendaftaran N1 brpa ya? Trus ada nggak ya JLPT di Tangerang?

  10. Biaya N1 utk 2012 : 135.000, kalau biaya formulir kurang tahu. mungkin skitar 15000 seperti N3. Lokasi JLPT resmi setahu saya didaerah jakarta dan sekitarnya hanya ada di Japan Foundation dan Universitas Persada Jakarta.

  11. Halo saya mau tanya kalo ikut tesnya bulan juli dapet sertifikatnya kapan yah?
    oh ya oak same N4 belajarnya berapa lama? ikut les ato ototdidak? trims 🙂

Leave a Comment

