Pengalaman ikut TOEFL ITP IPB 23 Februari 2013

Jadwal TOEFL ITP IPB

Tulisan ini saya buat beberapa menit setelah saya ikut tes TOEFL ITP di Unit Pelatihan Bahasa IPB. Dalam tulisan sebelumnya saya sudah sempat sedikit cerita, sebelum menutuskan untuk ikut tes ini saya coba-coba dulu liat kemampuan di TOEFL Prediction Bulan Januari 2013 lalu. Ya, walaupun hasilnya masih di bawah 500 sedikit sih, tapi memberanikan diri saja untuk ikut karena sepertinya semakin cepat tahu skor TOEFL ITP semakin baik. Kalaupun tidak sampai target saat tes, masih ada kesempatan untuk memperbaiki sebelum deadline pendaftaran berkas beasiswa tersebut (padahal belum disebut, hehe) diumumkan.

Oke, saat saya nyari-nyari hasil nilai TOEFL Prediction kemaren di UPT Bahasa IPB, ada pengumuman lain disebelahnya tentang jadwal tes TOEFL ITP. Langsung saja saya mengeluarkan HP dan mengabadikan pengumuman itu, hehe. Tertanggal 23 Februari 2013, dari saat mengambil prediksi masih ada jeda untuk pulang kampung ke Belitung. Walaupun sudah meniatkan untuk tanggal 23 Februari itu akan ikut tapi masih belum ada usaha untuk belajar (jangan ditiru). I really suggest you to be well-prepared before taking this (TOEFL ITP) tes. Why ?? karena harganya lumayan mahal, waktu saya daftar biayanya 310.000 IDR, lumayan banget kan untuk ukuran kantong mahasiswa. Itu harga normal untuk TOEFL ITP kayaknya karena soalnya langsung dari ETS. So, the better preparation you have, You can hope the better result you will get. Pendaftaran TOEFL ITP untuk tanggal yang saya inginkan sampai dengan tanggal 11 Februari. Saya pun mendaftar tepat di tanggal terakhir karena masih “galau” ikut atau enggaknya dulu. “Pak saya daftar TOEFL ITP untuk tanggal 23 Februari”, Bapaknya bilang “Yah, sudah habis mas, kemaren sudah diborong”. Hah, ini tes TOEFL kok kayak sayur aja, ada yang nyampe borong-borong segala, haha. “Tapi bentar ya, saya telpon dulu siapa tahu ada kuota tambahan”. Saat itu, bingung berdoa ada atau tidak, kalaupun tidak ada berarti harus ikut tes berikutnya di Bulan Maret. Tak lama kemudian, Bapaknya selesai nelpon, “Ada mas. masih bisa”. “Oh syukurlah, Alhamdulillah berarti masih diberi kesempatan untuk tes di Bulan Februari ini. “Oke Pak saya daftar”. Kata Bapaknya, jadwal TOEFL ITP sebulan dua kali, di kampus IPB Darmaga dan Kampus Gunung Gede, tapi tidak boleh mengambil dua kali di bulan yang sama, kalo di bulan yang beda boleh.

Karena enggak sanggup sebeli buku TOEFL yang lumayan tebal dan mahal saat itu, jadi update status aja di Facebook yang intinya minta pinjem temen yang punya dan rela meminjamkan buku TOEFLnya. Alhamdulillah lagi, cara ini berhasil. Tidak perlu beli, modal pinjem aja dan dapat buku yang bagus-bagus. That’s what Friends are for right ??. Thanks so much my friends, for the book especially. LOL. In return, I write this for you I hope this writing give you such a little description about ITP TOEFL.

Akhirnya punya buku untuk belajar TOEFL, but not including the CD for listening materials. Jadi, untuk belajar listening harus usaha sendiri dengan buka web-web yang menyediakan soal listening TOEFL atau sekadar program belajar bahasa Inggris khusus untuk listening, misalnya program Learning English services dari BBC (bbc.co.uk). Lumayan membantu dan boleh dicoba. Di youtube juga ada soal listening TOEFL tapi ada yang untuk PBT juga iBT. Tidak ada alasan untuk tidak belajar, setelah mendaftar. Sumber bisa dari mana saja. Nah, di tengah waktu yang harusnya jadi waktu persiapan TOEFL, saya malah kecanduan main game online, terjangkit oleh anak-anak asrama Belitong yang mendadak nge-Game online, tidakkkk. Ya, seperti itulah, akhirnya mendekati hari H, saya lebih banyak main game daripada belajar TOEFLnya padahal hari semakin dekat dan bahan pun sudah ada. Haduh, gamenya mengandung sedikit candu sepertinya.

Mau tidak mau tes TOEFL tetap dilaksanakan di tanggal seperti yang telah terjadwal yaitu tanggal 23 Februari. Sudah diingatkan beberapa hari sebelumnya jangan lupa membawa pensil 2B, penghapus, fotokopi identitas (KTP atau KTM), dan selembar foto 3×4. Kalo tes Prediction tidak perlu pakai pensil 2B, tes ini harus/wajib. Baru Ngeh setelah masuk kelas pas mau mulai tes, ternyata soalnya masih dalam amplop sepertinya baru dan resmi dari ETS. Sistem pengoreksiannya juga dengan komputer jadi wajib memakai 2B. Walaupun sebelum tes ada pensil 2B pinjaman di UPT namun bawa sendiri tentu lebih baik, hehe. Sebelum menjawab soal, lembar jawaban dibagikan terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang harus diisi, nama lengkap (nama yang akan muncul disertifikat), data diri, keperluan mengambil toefl, kode negara, kode bahasa ibu yang dituturkan, dan lain-lain. Pengisiannya dipandu oleh instruktur/pengawas tes. Anda cukup mengikuti apa yang disampaikan saja. Setelah semuanya selesai, tes pun dimulai. Kali ini Anda dipandu oleh suara orang bule dalam rekaman sampai akhir listening section. #menegangkan. Untuk section/ bagian selanjutnya Anda mengerjakan sendiri tanpa panduan bagian struktur dan bacaan (structure and reading comprehension). Waktu untuk struktur singkat, hanya 25 menit sementara soal sekitar 40. Waktu untuk reading lebih lama, tapi sesuai dengan bacaan yang harus dipahami dan diambil jawabannya dari situ, 55 menit untuk bagian ini. Setelah itu, tes pun selesai. “Hasilnya seminggu ya Mas. Mau diambil disini atau di Gn Gede ?”. “Hasilnya diumumkan ya Mba”. “Hasilnya dalam amplop tertutup Mas”. “Oh gitu Mba, makasih”. Saya pun pulang, menunggu satu minggu ke depan untuk membuka amplop hasil. Semoga mendapatkan hasil yang terbaik (dari Allah) atas usaha saya walaupun belum maksimal persiapannya.Ā Well, thanks for reading this writing. Hopefully it can help you.

Semoga Bermanfaat

Advertisements

13 comments

  1. hampir 3thn bercengkrama sama IPB Gunung Gede, baru tahu kalo bisa tes TOEFL disitu šŸ˜¦ Astagfirulloh. Thanks for the info šŸ™‚

  2. Mas aku mau tanya kalo toefl ITP itu ga ada kursusnya? Itu langsung tes gitu yaa?

  3. biasanya ada kok. Kalo di IPB ada kelas khusus persiapan TOEFL tapi lumayan mahal. Kalo saya emg nyoba-nyoba tanpa kursus karena pengen cepat dan hemat.

  4. lagi nyari2 informasi tentang toefl di ipb, ehh ketemu blog antum. sepertinya kenal. ane dhoni pernha liqo bareng. šŸ™‚ . ane mau tanya nih, toefl di ipb bisa untuk selain mahasiswa ipb gk ya?

  5. wahhh, ketemu lagi di dunia maya. Makasih sudah mampir ya, apa kabar mas bro ? bisa kok. daftar aja di UPT bahasa Darmaga atau Gunung Gede

  6. salam kenal, saya mahasiswa baru s2 ipb
    agak kaget juga kemarin lihat harga ITP TOEFL IPB agak mahal.
    saya kira murah. seperti di ITS (kuliah S1) khusus mahasiswa dapet subsidi.
    test toefl hanya 40rb. jadi mahasiswa bisa ambil sepuasnya test TOEFL.

  7. Salam kenal. Wah keren juga ya di ITS harga tes TOEFL ITP cuma 40 rb. Klo di IPB memang mengikuti harga standar dari ETS Pak, di UI pun tak jauh beda harganya. Mudah-mudahan suatu saat bisa disubsidi seperti di ITS.

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s