Bermain “Menu” di WordPress Part II

Menyambung tulisan sebelumnya tentang menu di pengaturan wordpress, kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman lagi. Karena nggak ada kerjaan lain di Blog (mau nulis nggak ada ide, menghias-hias blog juga lagi nggak mood) akhirnya kerjaan saya nyobain tema-tema gratisan yang disediakan oleh WP di pengaturan temanya. Awalnya dengan tema yang lalu merasa udah mantep banget, eh ternyata lama-lama bosen juga. Jadilah saya nyari-nyari, buka satu-satu yang kira kira menarik pake live preview nggak langsung diactivate. Mungkin lagi selera nyari yang simpel jadi cuma ada beberapa tema yang mewakili selera.

Akhirnya pilihan jatuh ke tema saat ini “The Enterprise Theme”. Saya memilih tema berdasarkan beberapa kriteria salah satunya pengaturan menu tadi. Kenapa memilih ini ? Tidak semua tema memiliki pengaturan menu, kalaupun ada ada yang cuma support satu, dua, bahkan ada yang tiga. Jika anda termasuk orang yang mau menampilkan banyak button menu di Blog mungkin ini bisa jadi salah satu pertimbangan. Ketika memilih tema yang mendukung satu menu (seperti tema saya sebelumnya : Mystique) maka jika menampilkan menu yang berasal dari kategori akan terlihat tampilan seperti ini : (Coba amati !! Masih ada tulisan Category Archives : TOEFL PBT paling atas). Mungkin bagi Anda ini biasa saja, namun kalau saya agak terganggu pasalnya “sudah ketahuan menu tersebut adalah kategori”, lagipula tulisannya juga cukup besar. Jika dibandingkan dengan web-web yang sudah independen (bukan blog gratisan maksudnya), tulisan seperti ini biasanya tidak ada.

Tampilan menu dari kategori TOEFL PBT (Coba amati : masih ada tulisan Category Archives : TOEFL PBT paling atas)

Bagaimana tampilan pada tema yang sekarang saya gunakan ? Ada perbedaan pastinya. Karena tema ini support untuk 2 menu maka untuk menu kedua (secondary menu) saya masukkan kategori-kategori semua tulisan saya. Hasilnya seperti di atas ada banyak berjejer. Jika di klik salah satu maka tampilannya akan berbeda dari yang sebelumnya diatas. Tampilannya akan seperti ini :

Tampilan menu dari sumber yang sama (kategori : TOEFL PBT). Coba Amati kembali tidak ada tulisan Category Archives, kan ??

Tampilan pada tema ini lebih bagus (menurut saya sih) dibandingkan pada tema sebelumnya karena fasilitas support untuk 2 menu yang diberikan. Bagaimana berminat mencoba ? Tapi, ini tergantung selera masing-masing, karena setiap orang punya kriteria masing-masing. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment

