Menikmati Malam di Lapangan Tiananmen

Tidak rela rasanya meninggalkan Beijing yang sudah tiga hari dikunjungi sebelum mengunjungi Tiananmen. Malamnya saya dan beberapa orang agak nekat jalan-jalan ke Tiananmen Square. Sebenarnya selama di Beijing kami sering kali melewati jalan itu, tapi tidak ada kesempatan khusus untuk turun dan menikmati lapangan itu. Mungkin ada kekhawatiran kami (rombongan Pemuda Indonesia) akan bertanya macam-macam tentang kejadian dan sejarah tempat itu. Itu hanya perkiraan saya sih. Lapangan seluas 440.000 meter persegi itu menurut yang saya baca merupakan salah satu lapangan bersejarah di China. Lapangan itu menjadi saksi bisu pembantaian pada demonstrasi mahasiswa anti- pemerintah dan prodemokrasi pada 15 April dan 14 Juni 1989. Anti-pemerintah dan Demokrasi adalah dua topik yang sangat terlarang di China saat itu dan juga kini. Akibatnya, sekitar 3000 orang meninggal dunia dalam peristiwa tersebut. Saya tidak terlalu paham dengan sejarah China sebetulnya jadi tidak akan terlalu banyak cerita.

IMG_6868tiananmenLapangan ini sudah kami lewati pada hari pertama di Beijing, sebelum sampai Hotel kami terlebih dahulu dikenalkan bagunan makam yang terpampang foto Mao Zedong atau orang China memanggilnya dalam bahasa Inggris Chairman Mao. Jadi, kami ber-12 nekat saja malam itu sekitar pukul 10 malam keluar dari Bei Tai Long Hotel menuju ke Lapangan Tiananmen. Kurang lebih sekitar setengah jam dari Hotel kami baru sampai ke lokasi. Tidak ada yang tahu persis jalan ke Lapangan itu, semuanya hanya nekat saja dan beranggapan tidak jauh dari Hotel. Kami menyusuri jalanan kota Beijing pukul 10 malam, sudah agak sepi memang. Beberapa orang kami temui masih ada di pinggir-pinggir jalan namun tidak juga berani bertanya arah ke lapangan tiannamen karena pasti akan menggunakan bahasa tubuh lebih banyak daripada bahasa Inggris yang kami tahu. Kami lanjut saja berjalan dan akhirnya sampai di persimpangan. Jalanannya begitu aneh, semua dipagari besi bercat putih setinggi dada. Bagaimana kami mau menyebrang ?. Karena agak nekat, dan nggak ada Polisi juga deket deket situ, jadi  Nah, kalo di Indonesia ada jembatan penyebrangan di atas jalan, nah di Beijing ada penyebrangan bawah tanah, jadi masuk di satu sisi dan keluar di sisi jalan yang lain. Kami sempat bingung karena ada beberapa bangunan yang sama, mirip dengan mausoleum Mao. Beberapa teman coba bertanya pada orang yang lewat, saya cekikian karena yang diajak bicara nggak bisa ngerti bahasa Inggris. Sepertinya dua gadis yang diajak bicara itu mengerti dengan kata yang diucapkan teman saya “Photo, Mao Tse Tung, Building”. Dia menunjuk ke arah belakangnya berkali-kali. Mungkin artinya lurus saja. Oke oke. Perjalanan kami kembali berlanjut.

Sudah hampir diujung jalan kami melihat bangunan yang dicari-cari. Yah, ada yang beda. Jam sudah menunjukkan hampir pukul 11.00 waktu Beijing, lampu yang menerangi fotonya Mao sudah dimatikan. But, it didn’t matter kami tetap melanjutkan perjalanan. Berkunjung ke tempat ini pada malam hari memang punya keindahan tersendiri walaupun jika ingin mengambil foto lebih jelas datang saja di siang hari. Pada malam hari pengunjung lebih sedikit dibandingkan siang hari sehingga akan lebih bebas menikmati “romantis”nya pemandangan malam di Tiananmen. Sepertinya kawasan ini merupakan kawasan kenegaraan yang selalu dijaga oleh Polisi. Mereka selalu patroli, mobil patroli juga siap siaga selalu. Weh weh, keren. Sekitar setengah jam atau lebih kami menghabiskan waktu di depan makamnya Mao itu, lalu pukul 12.00 semuanya pulang. Kali ini tentu tidak akan tersesat lagi, hehe. Ditengah jalan pulang gerimis mengguyur namun tidak lama kami sudah sampai di hotel. Ah, kalaupun besok akan meninggalakan Beijing, kami sudah rela, hehe. Sampai Jumpa Lagi Beijing.

Advertisements

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s