Kesempatan Exchange untuk Mahasiswa IPB

Sedang bosen kuliah ? atau punya niat untuk ke negeri orang ? mungkin “memanfaatkan” program Exchange di ICO IPB bisa jadi pilihan menantang. Kenapa saya bilang “memanfaatkan”, hmmm mungkin pasalnya jarang yang tahu kalau di International Collaboration Office IPB banyak program kerja sama antar IPB dan universitas asing  salah satunya dalam bidang pertukaran pelajar/mahasiswa atau student exchange. Ciyus ? Eh, mulai keluar bahasa alaynya. Serius lho, tapi ini bisa saja cuma pendapat saya aja. Nah, pengen sedikit cerita, tahun 2012 lalu sekitar bulan Juni 2012 ada info di mading departemen saya tentang program magang/Internship di perusahaan Jamur di Sasayama, Kobe Jepang selama kurang lebih 6 Bulan. Saat itu saya tertarik, walaupun konsekuensi masa studi di IPB akan jadi lebih lama. Itu sih resikonya kalo istilah ekonominya opportunity cost-nya ketika mengambil suatu keputusan, hehe. Mulailah saya menyiapkan berkas-berkas dan mengumpulkan ke bag. Kemahasiswaan Rektorat IPB. Beberapa minggu setelah itu, bahkan beberapa bulan tidak ada kabar apa-apa lagi padahal harusnya adalah tahap wawancara. Beberapa kali saya kontak person in charge-nya namun tidak ada jawaban yang memuaskan. Sampai akhirnya saya nyerah dan jadi tidak tertarik lagi, yasudahlah. Setelah itu agaknya saya jadi agak trauma dengan program-program seperti itu dan memilih fokus kuliah aja #ngiket kepala.

Sewaktu Pameran ISEE 2013 (4/10) kemarin yang diadakan BEM KM IPB, saya datang sambil ngisi waktu luang. Walaupun tidak terlalu rame isinya namun saya dapet info yang lumayan mengagetkan. Salah satu pengisi stand adalah ICO IPB yang menjelaskan mengenai program-program ICO yang sedang dijalankan saat ini. Saya ambil satu selebaran yang isinya daftar beasiswa/program pertukaran yang sedang berjalan saat ini. WOW. Banyak juga, tapi kenapa saya nggak pernah denger/tahu ? Apa saya yang cupu ya ? Nggak pernah nyari-nyari info. Agak nyesek juga sih karena baru tahu info itu di semester tua renta ini hahaha. Kebanyakan program ke Jepang lagi, ckckckck. Kalo ditanya “Masih niat Exchange Mas ?”  jawabnya hanya, “Saya memilih untuk segera lulus aja deh” haha. Berikut beberapa hal agar tidak ketinggalan info-info seperti ini ya (terkhusus buat adik-adik yang masih di semester awal) :

  • Sering-sering keliling baca mading departemen/fakultas masing-masing
  • Datang ke ICO untuk tahu lebih jelas program-program pertukaran yang sedang berjalan
  • Usahakan punya daftar program-program ICO, contohnya : seperti ini :

100_5080

  • Like Fanpage ICO IPB dengan nama “International Collaboration Office – IPB” atau langsung lewat tautan ini ICO IPB (per 21 November 2013 baru 638 likes di Fanpage ini). Fanpage ICO terbilang cukup aktif diupdate dan bisa jadi sumber info juga.
  • Kontak pegawai di ICO yang mengurus bagian pertukaran/Exchange

Silahkan dilihat daftar program pertukaran dan beasiswa di ICO yang saya tampilkan di tulisan ini, lebih jelasnya silahkan kontak ke ICO. Selamat mencoba dan Semoga berhasil.

6 comments

  1. Dear Mr Fadhillah,

    Yes I am absolutely agree with your words about oppurtunity cost of taking internship or exchange programe. That’s all ordinary consequences for those who wants to take that kind of chance in their own life. It’s so bad to hear about your internship plan at Japan but I think, it will be better if you come to the ICO or make official suggestion and advices to them. The worst reason for IPB’s student about dreaming to go overseas but only being dream forever because they don’t have big passion to search exchange news from ICO, to give their time about difficult steps to do, to improve their English very well, to have official cert of PBT/iBT/IELTS score, other languange and so on. In my opinion, if you learn English and other languages very well and have those certificates (don’t wait until the programe news being announced), you will have good chance than others. I am glad that I already had two wonderful experiences going abroad for academic purpose (HongKong and Thailand) during my study in IPB (plus all of fee being paid by IPB) and I can finish my bachelor degree less than 4 years. It gave me hard time to take that business but I am always glad in the process . The last but not least, please discuss about your abroad plan with your academic supervisor and parents because as we know that it will make your study time in IPB become longer. See ya!

  2. Thanks a lot for sharing your experiences. I am glad to hear your nice story about going abroad for free. I also agree with your opinion about preparation, plan before hunting a chance.

  3. kak, boleh tanya lebih lanjut tentang ipb? saya calon mahasiswa baru lagi butuh banyak referensi. boleh minta emailnya kak? atau konfirnmasi email saya di megaaaaw@gmail.com.
    terimakasih sebelumnya kak..

  4. Terima kasih utk infonya kak, sy juga mahasiswa IPB angkatan 50 doakan sy bisa dapat beasiswa ke Jepang juga ya kak. Btw, sy juga baru tau kalo ada ICO di ipb hehe

  5. Aamiin. Salam kenal Zahra. Saya sudah tahu lama sbenarnya ada ICO tapi baru tahu pas akhir-akhir kemaren klo dsitu banyak program exchange.

Leave a Comment

