Pertukaran Pemuda Indonesia-China Part 2 (Habis)

Ini tulisan bagian ke-2 dari tulisan tentang PPIC 2013. Bagian pertama sila klik tautan ini. Maaf kalo bahasanya agak formal karena ini saya salin dari laporan kegiatan saya, hehe. Enjoy !!

Program Pertukaran pemuda Indonesia-Cina terselenggara berdasarkan kesepakatan (MoU) pemerintah Indonesia dan Cina pada tahun 2009. Tahun 2013 ini merupakan tahun ke-3 program pertukaran pemuda ini terselenggara. Semakin tahun program ini semakin disempurnakan agar semakin bermanfaat bagi kedua negara. Program Pertukaran Indonesia Cina berlangsung pada 31 Agustus sampai 9 September 2013 bertempat di tiga kota besar di Cina, Beijing, Hefei, dan Guang Zhou. Lama kunjungan ke setiap kota kurang lebih 2-3 hari. Selama program, peserta dikenalkan dengan banyak tempat bersejarah di Cina seperti museum, objek wisata, universitas dan komunitas-komunitas yang ada. Pembelajaran yang dilakukan oleh peserta kali ini adalah dengan metode visit atau kunjungan. Secara lengkap, berikut penjelasan lebih detil mengenai tempat yang dikunjungi berbagai kesan dan pelajaran yang bisa diambil :

Kota Beijing

  • Museum Perencanaan Kota Beijing

Setelah mendarat di Bandara Kota Beijing, kami langsung dibawa untuk melihat Beijing Planning Exhibition Hall yang terletak tidak jauh dari lapangan Tiananmen. Di tempat ini kami diperkenalkan sejarah Kota Beijing dari zaman kekaisaran awal Cina sampai zaman modern juga mengenai perencanaan kota ini di masa mendatang. Kami dipertunjukkan tayangan singkat berdurasi 10 menit mengenai sejarah kota Beijing 3000 tahun yang lalu sebagai kota dan 850 tahun yang lalu sebagai ibukota Cina. Selain itu, tayangan lain juga memperkenalkan perencanaan kota Beijing dari tahun 2004 hingga 2020. Beijing merupakan kota dengan wilayah yang datar 16.807,8 km2 namun hanya sekitar 38 % berupa wilayah yang datar selebihnya merupakan wilayah pegunungan. Selain itu, kota ini merupakan kota kedua yang memiliki populasi terbanyak di Cina setelah Shanghai, dengan jumlah penduduk 20,6 juta jiwa pada tahun 2012. Dengan kondisi demikian, Beijing merupakan kota terpenting di Cina yang memerlukan perencanaan pembangunan yang baik di masa mendatang. Beijing akan dibangun tidak hanya menjadi kota metropolitan di Cina, namun menjadi kota yang ramah lingkungan dan tetap layak untuk dihidupi oleh rakyat Cina.

  • Museum Nasional Cina

Kami mengunjungi Museum Nasional Cina pada sore hari, Sabtu 31 Agustus 2013. Museum ini juga bertempat tidak jauh dari lapangan Tiananmen, tepatnya di sisi timur. Museum ini dibangun pada tahun 2003 yang merupakan hasil penyatuan dua museum sebelumnya yaitu : Museum Sejarah Nasional Cina dan Museum Revolusi Cina. Saat ini luas musem ini mencapai 192.000 m2 dan diklaim sebagai musem terbesar di dunia dengan fasilitas terbaik. Museum ini tidak hanya berfungsi dalam menampilkan, memelihara, mewariskan keagungan kebudayaan Cina namun juga sebagai membangun semangat nasionalisme dan pengembangan kebudayaan. Koleksi di museum ini disimpan dan ditampilkan dengan sangat rapi. Museum ini disebut museum nasional karena memiliki koleksi yang mewakili seluruh museum di seluruh Cina. Kebanyakan museum di Cina sudah memadukan antara kecanggihan teknologi informasi dan sejarah sehingga mampu menampilkan sejarah dalam kemasan baru.

Kesan ketika mengunjungi museum-museum di Cina adalah sangat kuno namun juga sangat modern. Sangat kuno berarti barang-barang yang dikoleksi sangat beragam dari awal peradaban Cina, bahkan sampai replika manusia purba di daratan cina. Selain itu, karena Cina memiliki sejarah kekaisaran yang panjang maka seringkali ditemukan barang-barang peninggalan dikelompokkan berdasarkan zaman kedinastiannya dengan sangat rapi. Istilah lainya sangat modern. Walaupun museum identik sekali dengan benda-benda sejarah yang tidak menarik bagi anak muda sekarang namun ketika masuk ke museum Cina tidak nampak sekali nuansa kuno, malah bangunannya terlihat megah dan baru. Hal ini mungkin yang membuat kesan museum di Cina berbeda dengan museum di Indonesia.

  • Tembok Besar Cina (Great Wall of China)

Tembok besar Cina adalah benteng yang terbuat dari batu, bata, kayu dan material lain. Tembok besar ini merupakan salah satu keajaiban dunia yang terdaftar di UNESCO pada tahun 1987. Tembok besar atau dalam bahasa Cina disebut Chang Cheng, awal dibangun pada periode Warring States sampai periode Dinasti Ming selama 2000 tahun. Awalnya tembok ini merupakan benteng-benteng yang terpisah dibangun oleh masing-masing kerajaan pada masa Warring States pada tahun 8 SM. Panjang tembok ini adalah 8851,8 km yang terbentang di sisi utara Cina dari timur ke barat. Tujuan pembangunan benteng atau tembok Cina ini adalah untuk mencegah invasi pasukan Mongol ke daerah kekuasaan kekaisaran Cina.
Tembok besar merupakan objek wisata yang terkenal di Cina. Di Beijing, ada beberapa tempat untuk menikmati keindahan dan merasakan kebesaran tembok ini yaitu Badaling, Huanghuacheng, Mutianyu, Jiakou, Gubeikou, Jinshanling, dan Simatai. Kami mengunjungi Tembok besat dari lokasi Badaling yang berjarak sekitar 1 jam perjalaan bus dari Kota Beijing.

Delegasi Provinsi Kep. Bangka Belitung saat berada di Tembok Cina, Badaling

  • Summer Palace (Forbidden City)

Forbidden City atau Kota terlarang merupakan istana kekaisaran dari Dinasti Ming sampai Dinasti Qin. Selama 500 tahun, istana tersebut berfungsi sebagai tempat tinggal bagi 24 raja yaitu 14 raja Dinasti Ming dan 10 raja dinasti Qin serta seluruh elemen kekaisaran juga sebagai pusat politik dan acara kekaisaran. Kota ini dibangun dari tahun 1406 sampai 1420 dengan jumlah bangunan di dalamnya 980 bangunan dengan total luas 720.000 m2. Pada tahun 1987, lembaga UNESCO juga mencatat bangunan ini sebagai koleksi bangunan kayu tua terbesar di dunia.
Awalnya Kota ini memang tidak bisa dimasuki oleh orang umum selain orang-orang kekaisaran sehingga disebut sebagai kota terlarang. Pada tahun 1925 situs Kota terlarang kemudian resmi dijadikan museum oleh Pemerintah Cina dan dibuka untuk umum. Keindahan dan kemegahan Kota terlarang ini sangat cocok dinikmati dengan berjalan kaki. Jika diperhatikan, ukiran pada bangunan-bangunan dalam Kota terlarang ini sangat detil, dengan dominasi warna merah. Pada beberapa bangunan juga terdapat simbol yang menandakan jabatan orang mendiami bangunan tersebut.

  • Center for Network, Film, and Television of Communist Youth League

Hari terakhir di Beijing, kami mengunjungi pusat multimedia Liga pemuda komunis Cina. Di tempat ini banyak sekali pemuda yang sedang bekerja, diantaranya sebagai pembuat materi untuk berbagai situs kepemudaan dan anak-anak Cina. Situs yang dikelola oleh liga pemuda komunis ini adalah youth.cn dan k618.cn. Kedua situs tersebut memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan seputar kepemudaan dan anak-anak. Jika dilihat dari kondisi tempat dan fasilitas pusat informasi ini, Cina sangat memberikan perhatian besar terhadap anak-anak dan pemuda. Pemerintah Cina berusaha memberikan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan jenjang umur generasi mudanya. Fasilitas yang lengkap membuat pengelolaan pusat informasi dan multimedia ini sangat profesional, oleh karenanya juga output berupa informasi-informasi yang dihasilkan juga sangat baik.

Kota Hefei, Provinsi Anhui

  • Perusahaan iFLY TEK

iFLYTEK merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi suara. Perusahaan ini didirikan pada 1999 di Provinsi Anhui dan pada 2008 sudah terdaftar dalam Shenzen Stock Exchange. Teknologi suara meliputi sintesis suara dan pengenalan suara sampai menciptakan teknologi yang memungkinkan terjadinya komunikasi manusia-mesin yang sama efektif dengan komunikasi manusia-manusia. Beberapa teknologi lain yang juga sedang dikembangkan oleh perusahaan ini adalah teknologi pengenalan suara, teknologi sintesis suara, evaluasi teknologi suara, teknologi pengenalan tulisan tangan, pengenalan jenis/ identifikasi suara, dan teknologi pemrosesan suara alami. Perusahaan ini banyak bekerja sama dengan perusahaan lain sebagai mitra diantaranya perusahaan telepon seluler dan mobil.

  • Museum Provinsi Anhui

Museum Anhui didirikan pada 14 November 1956, pada waktu itu Museum Anhui merupakan salah satu dari 4 museum model di Cina. Museum ini memiliki luas 41.000 m 2 dengan luas area pameran 10.000 m2. Museum ini memiliki peringkat sebagai museum nasional terbaik dan juga mendapat penghargaan sebagai pusat pemeliharaan unit-unit buku tua Cina. Museum ini memiliki 220.000 reliks meliputi tembaga dan Dinasti Shang dan Zhou, koin dari eilayah Chu, relif batu dan Dinasti Han, alat-alat emas dan perak dari Dinasti Yuan serta banyak koleksi lainnya. Bangunan museum ini sangat megah dan mengagumkan. Salah satu koleksi yang membuat kagum adalah sebuah rumah tradisional di Cina yang dipindahkan ke dalam museum dan menjadi salah satu koleksinya. Kondisi dan desain rumah dipertahankan seperti bentuk aslinya.

  • Universitas Anhui

Universitas Anhui berlokasi di kota Hefei, ibukota dari provinsi Anhui. Universitas ini didirikan pada tahun 1928 di Anqing namun kemudian dipindahkan ke Hefei pada 1958. Luas universitas ini sekitar 207 hektar dan mempunyai perpustakaan dengan koleksi lebih dari 1,75 juta buku. Universitas ini memiliki 26 sekolah/fakultas, 77 program keahlian sarjana, 148 program magister, dan 50 program doktor serta 5 program posdoktoral. Jumlah tanaga pengajar yang dimiliki sekitar 1500 orang dengan 800 profesor. Jumlah mahasiswa adalah 31.000 yang terdiri dari 21000 mahasiswa sarjana dan 600 mahasiswa pascasarjana. Universitas ini juga menerima mahasiswa asing sejak tahun 1980 dan saat ini jumlahnya sudah lebih dari 40 negara asing. Ketika mengunjungi universitas ini kami langsung dibawa menuju ke sebuah ruangan yang terdapat banyak dokumentasi dan informasi mengenai universitas ini. Para mahasiswa yang bertugas sebagai pemandu menjelaskan secara ringkas dari awal sejarah universitas ini dan hal-hal yang terkait lainnya. Ruangan pusat informasi tersebut sangat mampu merepresentasikan informasi tentang universitas ini dan didesain dengan sangat indah.


Setelah mengunjungi ruangan tersebut, kami diajak untuk menuju sebuah auditorium dan bertemu dengan perwakilan mahasiswa universitas Anhui. Dalam acara tersebut baik dari mahasiswa setempat maupun kontingen pemuda Indonesia saling berkenalan dan bertukar pikiran serta saling menampilkan berbagai pertujukan seperti, bela diri, kaligrafi, bernyayi, menari, sampai berjoget poco-poco. Kontigen asal Indonesia memperlihatkan kecakapannya dalam bernyanyi dalam bahasa Mandarin, beermain piano, silat, taekwondo, serta menari tari Kecak dari Bali. Kebayakan mahasiswa Universitas Anhui yang menemani kami berasal dari jurusan bahasa Inggris. Mereka sempat mengatakan bahwa mereka kagum dengan orang Indonesia yang bisa berbahasa Inggris dengan lancar padahal tidak mengambil kuliah bahasa Inggris.

  • Perusahaan Chery Automobil

Chery Automobile adalah perusahaan otomotif yang berasal dari Republik Rakyat Cina. Perusahaan dibangun pada tahun 1997 dan dimiliki oleh pemerintah lokal kota Wuhu, provinsi Anhui, China. Pada tahun 2009 Chery memproduksi 508.500 unit mobil di seluruh dunia, sekitar 400.000 diantaranya adalah sedan. Chery merupakan perusahaan otomotif China pertama yang mengekspor mobil buatannya ke luar negeri dan sampai tahun 2009 merupakan pengekspor mobil terbesar dari negara tersebut. Kami berkesempatan mengunjungi perusahaan ini dan diajak mengunjungi pabrik pembuatan mesin serta pabrik perakitan. Perusahaan ini juga sedang mencari mitra bisnis di Indonesia dengan menunjukkan sebuah iklan yang dimuat dalam surat kabar Indonesia.

Kota Guang Zhou, Guang Dong

 Istana Anak Guang Zhou ke-2 (2nd Children’s Palace)
Istana anak Guang Zhou ke-2 merupakan istana anak yang dibangun setelah istana akan yang pertama di provinsi Guang Dong. Istana anak merupakan gedung yang meyediakan berbagai macam kegiatan anak-anak meliputi menari, bela diri, musik, kaligrafi, komputer, teater dan lainnya. Kegiatan ini dipandu oleh instruktur yang ahli di bidangnya. Di Cina, kegiatan seperti ini juga ada di sekolah-sekolah selepas jam pulang sekolah, namun mungkin di istana anak ini pilihan aktivitasnya lebih beragam. Kursus yang diselenggrakan di istana anak ini tidak gratis namun bagi keluarga tidak mampu ada bebasiswa yang diberikan pemerintah Cina. Di provinsi Guang Dong sendiri sedang direncanakan untuk dibangun istana anak yang ke-3.

Delegasi pemuda Indonesia diperkenankan untuk masuk ke istana ini dan melihat kegiatan yang ada di kelas-kelas. Anak-anak saat itu sedang belajar di kelas sesuai dengan minat yang mereka pilih. Di luar ruangan tampak banyak orang tua mereka yang sedang menunggu anak-anaknya selesai mengikuti kursus. Perhatian pemerintah Cina, khususnya provinsi Guang Dong terhadap anak-anak sangat baik dibuktikan dengan adanya beberapa pusat kegiatan anak yang sangat berperan dalam pengembangan minat dan bakat anak-anak di Cina.

  • Museum Provinsi Guang Dong

Museum Guang Dong memiliki koleksi hinga 160.000 buah atau set. Museum ini dibuka untuk umum pada 1 Oktober 1959. Pada tahun 2003, Pemerintah provinsi Guang Dong membangun gedung baru untuk Museum Guang Dong di Zhujiang, Guang Zhou. Pada 18 Mei 2010, gedung baru museum Guang Dong kembali dibuka untuk umum. Area museum mencapai 41,027 m2 dengan area pameran seluas 21.000 m2. Di museum ini kami diperlihatkan sebuah lukisan dinding yang dibeli kembali oleh pemerintah Cina dari kolektor eropa dengan harga 1 juta euro atau setara dengan 12,5 milyar rupiah. Ini mungkin salah satu yang membuktikan Cina sangat menghargai sejarahnya.

Kesimpulan

Cina merupakan negara yang mempunyai peran penting terhadap Indonesia terutama dalam hubungan ekonomi. Di abad ke-21 ini Cina semakin memperlihatkan negaranya akan tampil sebagai salah satu kekuatan ekonomi dan politik baru di antara negara-negara adidaya lainnya. Program pertukaran pemuda ini telah banyak memberikan wawasan kepada peserta untuk melihat kemegahan dan keagungan negara Cina serta belajar hal-hal positif untuk dibawa kembali ke Indonesia seperti, kecintaan Cina tentang sejarah bangsanya, perhatian besar pemerintah terhadap pengembangan pemuda dan anak-anak, serta kecanggihan teknologi dalam bidang telekomunikasi, transportasi, dan manufaktur.

Advertisements

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s