Perjuangan Menuju Sarjana [2]

Seminar sudah dan step selanjutnya adalah sidang. Saya daftar Senin (13/1) dan dapat jadwal sidang tanggal Senin (27/1) kemarin berarti persiapan sidang kurang lebih 2 minggu. Minggu pertama tidak ada yang spesial. Berlalu begitu saja, tanpa buka-buka buku (baca:belajar) buat sidang. Minggu ke-2, kurang lebih hampir sama. Mungkin, di minggu ini saya lebih banyak dikit belajar tapi tetap di depan laptop sambil buka sosmed terus tab sebelahnya wikipedia hehe.

Waktu semakin mendekat. Tanggal 25 (Sabtu) pun masih ada agenda ke luar kota (kayak pejabat aje gayanya). Ke luar kota situ, Bandung. Ada kumpul bareng teman-teman Biologi Sintetik Indonesia di ITB Bandung. Nanti saya cerita di lain waktu.

Senin (27/1) semuanya berjalan lancar. Pukul 10.00 kurang saya sudah di ruangan. Pas dosen udah pada kumpul semua eh, saya yang disuruh keluar duluan. Ada sesuatu yang dibicarakan. Cukup lama. Sekitar 10 menit menunggu di luar baru kemudian dipanggil ke dalam. Selanjutnya langsung mempresentasikan skripsi dan tanya jawab mulai dosen penguji pembimbing 2 dan pembimbing 1. Pertanyaannya hanya seputar penelitian saja. Walaupun tidak bisa menjawab semua dengan baik dan benar, ya minimal sebagian besar bisa. Alhamdulillah. Setelah pertanyaan dari semua dosen selesai, saya disuruh kembali menunggu di luar. Setelah masuk pertanyaan ini memberondong saya.

Leave a Comment

