Jalan-jalan di Maret dan April

Assalamu’alaikum. Wahahahahah. Kangennya nulis blog lagi setelah sekian lama jarang ada waktu untuk nulis. Padahal kerja aja belom bilangnya udah nggak ada waktu buat nulis, haha. Mohon maaf kalo ada yang nunggu update dari Blog (nggak jelas) ini ya. Kali ini saya sedikit mau cerita nggak penting mengapa saya akhir-akhir ini tidak update Blog, jawabannya adalah karena sibuk jalan-jalan tepatnya pertengahan Maret kemarin sampai Awal April 2014.

• Kamis, 13 Maret 2014 (Bogor-Nganjuk)

Hari itu saya berangkat ke Nganjuk, dari terminal Ps. Senen Jakarta via Kereta Api. Awalnya berencana berdua sama teman yang mau sekalian pulang kampung. Eh, pas hari H ternyata teman saya nggak bisa dan artinya saya harus sendiri. Ini pengalaman pertama naik kereta api sendirian tut tut tut ke Jawa. Saya pesen tiket di Alfam**t deket kampus IPB Darmaga, dapet harga 110.000 plus biaya admin. Tiket kelas Ekonomi. Nggak tau ini mahal atau nggak karena nggak pernah beli sebelumnya. Saya naik KA Brantas, kata teman-teman sih sekarang kelas Ekonomi udah enak, nggak ada pedagang masuk, aman, ada AC dan ada colokan. Itulah yang mendorong saya beli tiket kelas Ekonomi aja.

Mau ngapain sebenarnya ke Kertosono ? Sebernarnya saya berangkat lebih awal dari yang direncanakan. Kami sekeluarga mau ngumpul di Nganjuk di rumah mbah Kung sebelum ke wisudaan Abang di Jogja. Namun, ternyata umur hanya Allah yang tahu, Mbah Kung dipanggil Allah sebelum kami sempat ketemu, kira-kira seminggu sebelum waktu keberangkatan seharusnya. Oleh itu, keluarga dari Belitung segera berangkat ke sana dan saya pun menyusul dari Bogor.

Lho kamu orang Jawa ? Banyak teman-teman yang bertanya-tanya pas saya bilang ke rumah Mbah Kung di Nganjuk. Hahaha. Jawabannya tentu ya dong, masih punya keluarga di Jawa. Sempat seminggu di Nganjuk kami baru melanjutkan perjalanan ke Jogja untuk menghadiri wisuda Abang tanggal 22 Maretnya. Nganjuk-Jogja via mobil.

• 19 Maret 2014 (Nganjuk-Jogja)

Perjalanan dari Nganjuk ke Jogja pake mobil (lebih tepatnya dianter pake mobil) ternyata lumayan lama juga. Perkiraan sekitar 6 jam. Seingat saya waktu itu kami lewat Madiun, Ngawi, Solo dll, saya lupa hehe. Selama perjalanan mata saya kadang ON dan OFF soalnya. hehe.

Di Jogja jujur saja saya nggak sempat kemana-mana karena pas lagi riweuh2nya ngurusin seleksi PPAN Babel 2014. Saya kudu stand by terus di deket HP dan internet. Tapi, sebenarnya kalo di Jogja memang sebelumnya udah pernah ke tempat-tempat must-see seperti : Malioboro, Borobudur dll. Walaupun saya yakin banyak yang lain sih. Tapi lain kali lah, pas waktunya tepat akan kesana lagi, jalan-jalan lebih santai.

Di jogja agenda utamanya adalah dateng ke Wisudaan Abang tanggal Sabtu, 22 Maretnya dan Alhamdulillah kesampaean. Kita satu keluarga lho kesana. Ayah nyusul dari Belitung sendiri.

• 25 Maret 2014 (Jogja-Bogor)

Hari itu kami (Ayah-Ibu, saya dan Adek) bertolak dari Jogja ke Jakarta dan Belitung, kecuali saya, cuma sampai Jakarta terus ke Bogor. Dari situ bisa lihat bandara Adi Sucipto Yogyakarta, karena biasanya cuma Soetta-HAS Hananjoedin Belitung.

• 30 Maret 2014 (Bogor-Bangka)

Ternyata tidak bisa lama-lama ke Bogor, cuma sekitar 5 hari dan harus melanjutkan “jalan-jalan” lagi. Kami awalnya memang merencanakan proyek “Workshop Pendidikan Politik untuk Pemilih Pemula” di STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Ini merupakan proyek pasca-program yang kami lakukan (PCMI babel 2013). Bagi yang bingung, PCMI adalah wadah alumni Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) dan alumni PPAN harus mengadakan kegiatan Post Program Activity setelah pulang dari negera tujuan. Hal tersebut merupakan sumbangsih manfaat dari pemuda yang telah diberangkatkan kepada lingkungan maupun masyarakat sekitarnya.

Acaranya diadakan pada tanggal 30 Maret pukul 8.00 dan saya berangkat dari Soetta pukul 6.45. Sampai ke TKP akhirnya pukul 9.00. Tujuan kegiatan ini adalah unutk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan politik bagi pemilih pemula atau pemuda menjelang pemilu. Pemuda tentunya tidak boleh tidak peduli dengan politik karena politik merupakan bagian tidak terpisahkan dari pengelolaan bangsa dan negara ini. Di acara tersebut hadir perwakilan dari beberapa sekolah tinggi dan universitas di Bangka seperti, UBB, SKIP Muhammadiyah Babel, STAIN SAS, STIKES dll. Alhamdulillah acaranya sukses.

Setelah acara saya main ke rumah keluarga di Sungailiat, Kab. Bangka. Wah, enak ya kalo punya keluarga dimana-mana. Itung-itung nggak bingung nyari tempat penginapan dan makan gratisss dibalut dalam topik mempererat silaturahim. Saya menghabiskan waktu di Sungailiat sambil menunggu tanggal 2 April 2014, seleksi PPAN Babel 2014. Seleksi diadakan di Hotel Bangka City di Pangkalpinang dari tanggl 2-5 April 2014. Ceritanya akan saya tulis di postingan yang lain ya.

•  6 April 2014

Saatnya pulang kampung ke Belitung. Mumpung udah deket ini ke belitung jadi sekalian aja. Walaupun pas waktu itu kapal laut (transportasi andalan Bangka-Belitung dan sebaliknya) lagi pake acara docking segala, maka dengan terpaksa naik pesawat Wings Air yang cuma berkapasitas 70 orang itu. Agak kecil dari pesawat umumnya. Saya naro tas sandang yang isinya full aja nggak muat di bagasi kabin atas kepala. ckckckck. Minimalis sekali.

Di Belitung saya cuma sampai tanggal 10 April rencananya karena harus balik ke bogor. Beasiswa yang saya incer udah buka lagi dari awal April. Selama di rumah ya gitu deh. Kadang ada kerjaan kadang nggak. Saya menyempatkan melapor ke Dinas Pemuda Olah Raga Belitung Timur bahwa saya alumni PPAN atau PCMI yang siap diberdayakan (karena udah banyak ngabisin uang negara, hehe). Selebihnya saya jadi Saksi di Pemilu 9 April kemarin. Ahaha, lumayan buat nyari pengalaman dan menambah kepedulian sosial. 10 April terasa cepat (ya iyalah orang cuma 4 hari) dan saya pun harus kembali memBogor lagi. Sampai jumpa lagi Belitong.

• 10 April 2014

Saya sampai di Bogor sore sekitar pukul 4. dan malamnya saya menulis cerita ini. TAMAT