Punya Blog itu Asyik [1]

Punya blog itu memang mengasyikkan ternyata. Saya baru sadar. Bukan hanya tulisan kita dibaca orang lain, tapi karena tulisan kita mungkin bisa membantu orang lain. Bayangkan jika hanya disimpan di dalam kepala saja, tentu tidak akan jadi apa-apa, malah suatu saat akan lupa. Namun, coba saja dituliskan di blog, bukan saja hal tersebut bisa “abadi” namun juga bisa diambil manfaat oleh orang lain. Blog ini dibuat dari bulan Juni 2012, kemudian saya telantarkan selama kurang lebih 6 bulan sampai akhir 2012. Tahun 2013 saya mulai iseng-iseng mengisi blog yang awalnya bertumpuk debu ini dengan tulisan-tulisan, sebagian besar dari hal-hal yang saya alami namun ada beberapa yang saya adaptasi dari artikel-artikel online berbahasa Inggris. Hanya supaya blog ini kelihatan punya isi, meski sedikit hehe. Dari situ saya mulai menemukan keasyikan tersendiri di dunia blog, meski saat ini pun masih tergolong pemula karena belum genap 2 tahun. Melalui tulisan ini saya akan berbagi sedikit pengalaman selama NgeBlog, mudah-mudahan menginspirasi kawan-kawan yang ingin melakukan hal yang sama.

stat

Berikut beberapa poin tentang dunia Ngeblog :

BLOG ATAU DIARY

Kalau Diary biasanya berupa buku yang jadi tempat curhatan saat galau, “Dear Diary, aku lagi galau nich bla bla bla …………..”, Blog juga bisa diisi dengan hal demikian hehe. Asal mau dibaca sama orang lain sih. Kalau diary itu bentuknya buku dan gampang rusak, dan nggak mungkin dibawa kemana-mana juga kan, makanya sudah saatnya sebagian tulisan yang layak dibagikan dituliskan di Blog.

GAYA NGEBLOG

Gaya Ngeblog tiap-tiap orang bisa beda-beda. Ada yang betul-betul hanya ingin menulis tentang topik tertentu misalnya tentang makanan, travelling, komedi, dan hal lain. Namun ada juga yang menuliskan pengalaman pribadinya, tentang apa saja. Mirip seperti di Blog ini. Semua itu bebas. Blogger yang punya passion tertentu biasanya banyak dijadikan referensi dan banyak menarik follower, namun tantangannya adalah harus berusaha agar selalu punya ide tulisan yang baru untuk topik tersebut.

BLOG = SUMBER INFORMASI UNIK

Internet memang memudahkan kita karena banyak informasi ada di dalamnya mulai dari A sampai Z. Sebagian teman saya bilang, tanya Google aja sebelum tanya orang lain haha. Tapi, mungkin tidak sadar, berapa banyak tulisan yang membantu kita itu berasal dari Blog orang lain. Informasi dari Blog biasanya disampaikan dengan gaya santai dan unik, misalnya “Blogger yang suka jalan-jalan di sebuah tulisannya nulis kalo mau ke tempat wisata ini toiletnya sebelah mana, tips agar tidak keluar biaya banyak”.

Hmm, kalau membantu orang lain itu bernilai pahala berarti Ngeblog juga bisa jadi salah satunya. Kalau yang dituliskan di Blog itu berupa tulisan yang bermanfaat untuk orang lain, Wah itu juga bisa jadi lahan amal lho. Selain itu, tulisan yang ada di Blog bisa dilihat/ dibaca orang kapan saja. Kalau kita banyak dibantu oleh blog-blog orang, masa’ tidak mau melakukan hal yang sama. Yakin deh, satu tulisan kita akan membantu orang lain, minimal menghibur saja sudah cukup hehe.

TETAP SENANG MESKI CUMA DI-READ DOANG

Bagi saya kalau komen di status FB orang lain karena suka statusnya itu biasa tapi kalau komen di tulisan blog orang lain karena suka tulisannya itu sedikit luar biasa. Kebanyakan kita (termasuk saya) meski sudah banyak dibantu oleh tulisan di blog orang lain tidak menyampaikan kata-kata terima kasih sedikitpun, buka blognya-baca-tutup tab-nya alias diREAD doang hehe.

Kesenangan saya tiap kali buka Blog adalah lihat statistiknya hehe. Lho kok ? haha. Dengan liat ada yang mau mengunjungi Blog ini saja saya sudah senang, apa lagi kalau liat keywords atau kata kunci yang diketik di mesin pencari hingga akhirnya “tersesat” di Blog ini hehe. Entah sebenarnya tulisan saya membantu atau tidak hihi.

HAL-HAL KECIL TAPI …

Mungkin hal-hal kecil yang terjadi disekitar kita atau yang kita alami bisa membantu orang lain. Pengalaman saya di Blog ini, saya pernah menulis pengalaman saya ketika mengambil tes TOEFL ITP di suatu tempat. Ternyata tulisan itu dikomen oleh pembaca “hampir 3thn bercengkrama sama IPB Gunung Gede, baru tahu kalo bisa tes TOEFL disitu 😦 Astagfirulloh. Thanks for the info“.

So, jangan remehkan pengalaman-pengalaman kita ya. Mungkin meski kecil dan kita anggap sepele bisa berharga dan bermanfaat untuk orang lain.

MENGHIBUR DIRI

Kadang saya suka membaca kembali tulisan-tulisan lama saya di Blog ini yang sudah terbenam. Hmm, rasanya sangat menghibur lho. Di beberapa tulisan saya jadi agak ragu apa benar ini tulisan saya. Saya sudah lupa detil peristiwa itu, dan saya diingatkan kembali oleh tulisan tersebut. Gaya bahasa yang saya gunakan juga rasanya asing, haha. Apa tulisan ini benar karya saya ? ya kali ada yang mau dengan senang hati nulis di Blog ini hehe.

[bersambung]

3 comments

Leave a Comment

