Beli Domain saja atau Selfhosted ?

Beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memiliki web/blog WordPress Selfhosted (hosting mandiri) atau WordPress.com dengan custom domain saja. Jika menemukan kesalahan, mohon sampaikan ya. Selamat membaca dan semoga membantu !!

Selfhosted WordPress WordPress.com + Custom Domain
Apa yang harus dibeli ? Domain + hosting. Dua hal ini saling terpisah ibarat alamat rumah dan tanahnya. Domain itu alamat rumah, Blog sendiri merupakan bangunan rumahnya, dan hosting merupakan tanahnya. Jika semuanya ada barulah rumah tersebut lengkap. Hanya domain (custom domain). Jika sudah punya Blog di wordpress berarti Anda sudah punya alamat rumah dan bangunan rumahnya juga tanahnya. Nah, yang jadi masalah adalah alamatnya karena masih ada embel-embel wordpress. Yang perlu dilakukan hanya membeli domain untuk merubah alamatnya.
Kapasitas hosting Hosting yang kita beli (lebih tepatnya nyewa) biasanya punya paket-paket. Tinggal kita mau pilih yang mana. Jika ingin membuat weblog pribadi biasanya yang kapasitas penyimpanan kecil juga bisa. Semakin sedikit kapasitasnya semakin murah, tapi semakin cepat penuh, hehe Kapasitas hosting gratis yang diberikan oleh wordpress untuk stiap blog gratisan adalah 3 GB. Jika Anda membeli domain, kapasitas ini tidak lantas bertambah. Jika Anda ingin menambah kapasitasnya maka harus menyewa seharga tertentu ke WordPress.com. Namun, jika dibandingkan dengan hosting mandiri, kapasitas 3 GB ini sudah sangat gede lho.
In dan Out Bandwith Bandwith adalah lalu lintas data yang dilayani oleh komputer server tempat kita menyimpan file Blog/Web kita. Umunya jika hosting mandiri, besar bandwith akan dibatasi perbulan. Jika sudah mencapai batas maka akses ke blog/ web kita akan susah. Jadi inget pas KRS-an di kampus dulu hahaha. Mungkin kasusnya kayak gini nih. Susah masuk karena terlalu banyak yang akses dalam satu waktu. Tidak terbatas. Lalu lintas transfer data di blog wordpress tidak terbatas. Bahkan, salah satu kasus di wordpress seorang penulis memindahkan blog pribadinya ke blog gratisan wordpress karena masalah bandwith ini. Di hosting lamanya Bandwith dibatasi sementara pengunjung terus berdatangan membaca ceritanya. Akhirnya Ia memindahkan tulisannya tersebut ke blog gratisan WordPress dan dapat dikunjungi oleh 26 juta pembaca tanpa ada masalah bandwith. Ini artikel aslinya http://en.blog.wordpress.com/2013/12/23/going-viral/
Instalasi Setelah membeli hosting dan domain bukan berarti blog/web Anda akan langsung ada di Internet. Ada hal teknis yang harus dilakukan seperti mengunggah file web/blog Anda ke hosting yang sudah dipesan. Hal ini dilakukan sendiri lho. Hmm, jika masih  belum familiar dengan hal seperti ini bukan tidak mungkin malah jadi bingung sendiri hehe. Well, di Internet banyak dibahas kok, tinggal ikuti saja cara mainnya.Biasanya pihak penyedia layanan Hosting akan dengan senang hati membantu Anda diproses ini. Banyak juga yang menyediakan tutorialnya. Tidak perlu. Karena tidak ada pergantian hosting maka instalasi pun tidak perlu dilakukan. Hosting blog/web tetap ada di WordPress.
Web-mail Selain nama Blog/Web berganti, dengan memandirikan Blog/Web juga bisa punya e-mail khusus lho, yang ada embel-embel nama blog/webnya. Misalnya nih, agung@tokoserbaguna[dot]com. Jumlah web-mail biasanya juga terbatas. Paket hosting yang paling murah biasanya menyediakan webmail gratis untuk 5 akun. Ingat !! Kapasitas penyimpanan webmail termasuk di hosting jadi kapasitas penyimpanan hosting juga akan berkurang jika semakin banyak e-mail yang digunakan. Hmm, kurang tepat dija disebut Web-mail. Lebih tepatnya E-mail Forward. Ketika membeli domain di WordPress maka akan langsung dapat 5 e-mail forward gratis. E-mail forward itu ya memang sesuai namanya hehe. Cuma forward saja ke e-mail asli kita, jadi tidak ada hosting email khusus ceritanya. Misalnya saya mendaftarkan email forward blog ini : admin@mfadhillah.net. Jika ada yang mengirim ke alamat email itu saya akan menerimanya di Gmail saya. Trus kalo saya balas e-mailnya maka akun yang membalas adalah akun Gmail saya bukan akun admin@mfadhillah.net, hehe. Ngerti kan ??. Intinya cuma namanya aja.
Iklan Anda tidak akan menemukan Iklan sama sekali di blog/web yang Anda hosting mandiri, kecuali Anda yang memasangnya. Karena Blog Anda sudah terkenal maka ada yang mau memasang iklan di Blog Anda dan membayar biayanya. Untuk blog yang sudah banyak dikunjungi hal ini bisa jadi tambahan pemasukan nih, untuk perpanjang hosting dan domainnya tahun depan hihihi Di blog wordpress gratisan maupun blog yang sudah membeli domain sendiri (anamun tetap hosting di Worpress) akan ada iklan (biasanya di bawah tulisan). Namanya juga gratisan ya mau nggak mau nurut aja sama penyedia layanan Blog. WordPress.com mengumumkan bahwasanya iklan tersebut untuk tetap menjaga agar Blog tersebut tetap gratis haha, bisa aja nih. Padahal kalo di Blogspot nggak ada tuh hihi. Kalo mau menghilangkan iklannya harus bayar sama Om WordPress seharga 30 US Dolar. Mahal pisan euy.Tapi tapi, kalo mau menghasilkan uang lewat iklan bisa juga lho meski lewat blog wordpress yang cuma punya custom domain, daftarkan saja di Wordads. Layanan ini khusus untuk blog wordpress dengan custom domain aja. Nanti jika diterima, Blog Anda akan dipasangi mereka iklan (mereka yang ngatur letaknya) dan tinggal terima honor. Saya sudah daftar tapi sampai hari ini belum ada e-mail balasan hahaha.Jika Anda memasang iklan komersial sendiri secara ilegal seperti blog/web dengan hosting mandiri maka Blog Anda siap-siap kena cekal dari WordPress karena menyalahi kesepakatan Blog WordPress.
Tema Salah satu layanan selfhosted yang banyak digunakan adalah WordPress.org. Di webnya banyak tersedia Tema-tema yang bisa diunduh dan dimodifikasi kemudian diunggah ke hsoting untuk menjadi tema blog/web Anda. Semuanya gratis. Ada ratusan tema gratis yang disediakan untuk Blog wordpress.com. Tema-tema tersebut tidak bisa diubah sesuai dengan yang diinginkan kecuali memang diberikan pengaturan untuk itu, misalnya warna, gambar latar dsb. Namun, jika ingin mengedit lebih banyak maka harus menggunakan fasilitas Custom Design (Harga 30 USD per tahun). Fasilitas tersebut memungkinkan Anda mengubah tema lebih banyak seperti : font, warna tema, dan tampilan tanpa perlu berhubungan dengan koding-koding CSS atau PHP (Pemberi Harapan Palsu) hahaha, saya juga nggak ngerti itu sejenis apa.
Plugin Bebas. Anda bisa pasang plugin apa aja yang kompatibel. Banyak plugin yang unik-unik yang hanya bisa diinstal di Blog/web dengan hosting mandiri misalnya plugin Chat Box dsb. Tapi jika suatu saat terjadi eror yang diakibatkan oleh plugin-plugin tersebut. Resiko ditanggung pemasang ya hehehe. NO PLUGIN. Meski membeli domain di WordPress, tapi mereka nggak mau ngasih plugin-plugin apapun alis nggak bisa pasang plugin apa-apa. Mungkin om-om di wordpress nggak mau ribet ya.Sebenarnya bisa pake plugin tapi mesti beli paket yang Muahaaaall banget, misalnya paket WordPress.com Enterprise yang seharga 500 USD perbulan.
Biaya Saya ambilkan salah satu contoh kasus aja ya. Ini dari salah satu penyedia hosting dan domain medanweb.com.Harga domain .com = 150.000 pertahun, Harga paket termurah Gold 1 kapasitas 600 MB = 200.000 pertahun, jadi total = 350.000. Beli custom domain di WordPress.com bisa dilakukan sendiri jika punya kartu kredit yang mereka sediakan. Coba lihat di Dashboard – Store – Domain. Biaya uang diperlukan untuk beli domain dan mapping adalah 13 US Dolar. Hmm, silahkan konversi ke nilai tukar sekarang aja ya, soalnya sering berubah.
Pembelian Meski banyak yang menyediakan hosting dari server luar negeri, namun di Indonesia juga banyak. Jadi, jika menyewa hosting dengan server Indonesia cukup buat akun di Web mereka kemudian pilih item yang ingin dibeli, setelah itu Anda akan diminta mengirim sejumlah uang untuk pembayaran item tersebut. Pembayaran bisa dilakukan dengan ATM lokal Indonesia.Jika ingin memilih penyedia hosting yang baik dan bertanggung jawab silakan lihat forum-forum saja. Saya cukup merekomendasikan MedanWeb karena respon mereka cepat (komunikasi via e-mail) dan bertanggung jawab. Sebenarnya kurang lebih sama dengan sebelah, tinggal tansfer aja sih. Namun, karena ini transfernya ke LN dan pake Dollar jadi lumayan ribet bagi yang nggak punya Credit Card, PayPal dan BitCoin. Kalo tidak mau ribet pakai jasa pembelian saja, kemarin sayapake jasa lovingindonesia.com untuk beli custom domain untuk blog ini. Memang ada harga tambahan untuk jasa pembeliannya tapi tidak terlalu mahal, masih wajarlah.
“Urusan Rumah Tangga” Jika Anda memiliki blog/web yang berhosting mandiri maka Andalah yang bertanggung jawab terhadap seluruh urusan rumah tangga Blog/web tersebut seperti : Update, Back up dan keamanannya. Untuk Blog WordPress, semua urusan rumah tangga tersebut dihendel oleh staf WordPress.com jadi Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkannya.
Kebutuhan Anda membutuhkan web/blog yang “tidak biasa” misalnya ingin membuat web e-commerce atau web yang punya forum dikusi dsb. Jika demikian Anda sangat tepat memilih WordPress dengan hosting mandiri (WordPress.org). Pelajari kebutuhan anda pilihlah yang sesuai kebutuhan Anda tersebut. Jika masih bingung silakan baca tulisan ini “Perbedaan .COM dan .ORG Jika Anda hanya membutuhkan web/blog yang tidak perlu fasilitas macam-macam, informasinya hanya deskriptif, tampilannya tidak perlu neko-neko atau Anda hanya ingin fokus pada konten/isi blog tanpa perlu repot-repot dengan masalah update, plugin, keamanan dan back up. WordPress dengan Custom domain adalah pilihan yang tepat. Pelajari kebutuhan anda pilihlah yang sesuai kebutuhan Anda tersebut.

 

Advertisements

6 comments

  1. silakan dicoba mas. Salah satu alasan kenapa saya beli custom domain adalah biar tambah semangat dan konsisten ngeblognya hehe.

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s