Hasil Seleksi Berkas Monbukagakusho 2015 “Mu atau Mo”

Monbukagakusho2013Tanggal 24 April 2014 lalu saya jalan-jalan ke Kedutaan Besar Jepang di Thamrin sambil bawa satu bundel berkas pendaftaran beasiswa. Tahun 2014 ini Alhamdulillah akhirnya bisa juga daftar Monbukagakusho program Research Student (RS) 2015, walaupun nilai TOEFL saya pas-pasan. Sewaktu saya antar da serahkan langsung ke bagian Pendidikan di Kedubes Jepang, saya memang lihat ada setumpuk berkas yang mungkin mendaftar program yang sama. Yasudahlah. Berharap dan berdoa saja, terus pulang.

Di pengumuman Program RS di Website Kedubes Jepang memang sudah dituliskan sejak awal bahwa “Pengumuman Hasil Seleksi Berkas akan diumumkan pada tanggal 10 Juni 2014“. Dari 24 April dan 10 Juni ya berarti adalah masa-masa menunggu. Dan tidak ada menunggu yang menyenangkan. Waktu sebulan lebih itu pun akhirnya berlalu juga. Pagi hari sekitar jam 8an tanggal 10 Juni 2014 saya mulai mantengin website Kedubes Jepang tuh. Ah belum ada euy, refresh halaman lagi. Tinggalin laptop terus balik lagi refresh halaman. Sampai sekitar pukul 11an “pengumuman” belum juga muncul di web itu. Nah dari pukul 11-1 siang itu saya ke Stasiun Bogor karena ada keperluan ketemu temen dan nggak sempet mantengin web itu. Sepulangnya barulah saya refresh lagi dan ada sesutu yang baru. Ahhaaa. Pengumuman sudah keluar. Buru-buru saya unduh dan mata langsung menjalar ke nama kandidat M …… N0.49 Muhammad Fadhillah – Graduated from IPB – kemudian tertulis jadwal wawancara dan jamnya.

Screenshot 2015-12-08 11.24.37

Seneng banget rasanyaa. Alhamdulillah ya Rabb. Tapi, kemudian masih ada yang mengganjal. Nama saya di semua dokumen –MOHAMMAD FADHILLAH– sementara di pengumuman itu –MUHAMMAD FADHILLAH– ada beda satu huruf “O” dan “U’. Selain itu sebenarnya semua info tidak ada masalah. Saya sebenarnya masih maklum kalau masalah penulisan nama saja, itu mah biasa. Tapi, masih ada ragu apa yang ada di pengumuman itu adalah saya ??? Nggak enak juga kan ada temen yang sudah ngasih selamat ke saya tau-taunya itu malah bukan saya. Nah, lebih baik tinggalkan keraguan dan saya pun mengkonfirmasi perihal tersebut ke e-mail panitia seleksi. Besok pagi dibalas, saya diminta mengirimkan beberapa poin identitas termasuk No.HP. Saya kirim. Dan dapet balasan lagi. Itu memang benar aplikasi saya, panitianya mohon maaf karena kesalahan menulis nama dan minta mengkonfirmasi kehadiran ujian tertulis (16 Juni 2014 di Pusat Studi Jepang, UI) dan wawancara (27 Juni di Kedutaan Besar Jepang).

Screenshot 2015-12-08 11.29.13.png

Akhirnya bisa bernapas lega dan mulai ngubek-ubek soal-soal jadul tes tertulis untuk Program Research Student (RS) di link ini. Tapi kenapa yang terbaru nggak tersedia yak ? di link itu cuma ada soal tahun 2008, 2009, dan 2010. Soal 2008 dan 2009 bentuknya sama, sedangkan soal 2010 beda. Yang umumnya dipake adalah yang seperti soal 2008 dan 2009.  Cerita lengkap mengenai tes tertulis saya tulis terpisah ya.

One comment

  1. Mas nanya, waktu daftar monbukagakusho pakai TOEFL apa mas? Harus asli ETS nggak? Kalau ITP bisa? Makasih.

Leave a Comment

