Beasiswa LPDP : Pengumuman Lolooooss

LPDPSenin Malam (23/6) saya main ke kosan temen dan ngobrolin tentang beasiswa LPDP sambil buka-buka webnya. Saya di seleksi LPDP sendiri sudah selesai tahap seleksi wawancara pada 17-18 Juni kemarin (untungnya waktunya nggak bentrok ya). Waktu pembukaan seleksi wawancara LPDP kemarin kata Pak Abdul Kahar “LPDP tidak akan menggantung lama-lama status para peserta seleksi, takut galau hahahaha. Jadi kita akan usahakan pengumuman diterima atau tidak secepatnya”. Kata Mba-mba panitia pas seleksi juga gitu “Pengumuman sekitar tanggal 20-an” kalo nggak salah denger.

Pas lihat-lihat webnya Eh, kok ada pengumuman baru. Penetapan Penerima Beasiswa Tahap IV 2014 (itu kan tahap saya daftar). Langsung buru-buru ngunduh file-nya. Ukurannya 4,4 MB kalo ngunduh pake modem biasa ya gitu harus sabar. Nunggu beberapa saat dan kemudian kelar. Langsung buka. Perasaan udah nggak karuan dan jantung udah dag dig dug aja nih. Pas dibuka file pdf-nya, langsung coba search kata temen saya, diketik FAD.. nggak ketemu. Oh iya, ini kan formatnya jpeg (gambar) haha. Makin deg-degan. Scroll ke bawah, cari nama yang pake alfabet M ….. wah, nggak nemu juga. “Yah sepertinya nggak lolos” saya udah bilang gitu dengan nada agak pasrah. Sebenarnya mau menguatkan diri aja. “Lho ini program master Dalam Negeri (DN)” kata temen saya, “Oh iya ya”. Scroll lagi ke bawah dan nyari M dan ketemu tulisan ini :

lpdp-pengumuman

“Alhamdulillah ya Rabb, bentar-bentar ane sujud syukur dulu”. “Selamat, selamat” kata mereka. Mereka langsung printscreen pengumaman itu dengan nama saya di highlight gitu dan dipos di FB. Jadilah saya dapet banyak ucapan selamat sekaligus doa dari sahabat-sahabat di FB. Saya juga langsung nelpon ke rumah untuk ngasih berita baik ini. Rasa-rasanya saya sendiri belum percaya banget, apa benar saya lolos ? serius ? ciyus ? dan seterusnya lah hehehe. Untungnya nggak minta gampar sama temen biar meyakinkan bahwa saat itu bukan mimpi, hahaha. Mungkin berkat banyak doa dari Orang tua dan teman-teman sekalian. Makasih banyak.

Mengenai nama Universitas, sebenarnya saya masih bingung sewaktu pendaftaran karena pertimbangan saya adalah di Univ mana yang ada jurusan yang saya minati dengan riset yang saya mau juga. di Jepang salah satunya ada di Todai. Namun, karena bahasa pengantarnya bukan Inggris, melainkan Jepang maka rasanya tidak mungkin saya akan ke sana dengan LPDP, kecuali beasiswa Monbukagakusho yang mengcover masa belajar bahasa Jepang dan research studentnya. Dan sepertinya saya akan mengajukan pindah universitas nantinya setelah dapat Univ di negara lain yang “pas di hati”.

Setelah diumumkan dan ditetapkan seperti ini biasanya akan ada pemanggilan Program Kepemimpinan (PK) sebelum resmi ditetapkan sebagai awardee LPDP. Saya belum dapet e-mail apa-apa dari panitia malam itu, dan ternyata besok siang baru ada e-mail tentang PK tersebut. Ya, saya memang sepertinya benar lolos seleksi LPDP ini. All praises to Allah

40 comments

  1. Alhamdulillah, makasih. Kakak yakin Dita BISA !!, InsyaAllah. Kalo bisa persiapkan IELTS dsb utk nyari LoA universitas agar tidak nunggu waktu lama utk masuk kampus tujuannya

  2. seriusan pengen banget kak. tapi, telat ga ya kalau baru siap2 sekaran. nanti mau tanya2 k kakak aja y. siap2 diteror banyak pertanyaan ya kak, hehe

  3. Persiapkan dari skrg aja Dit. Mulai serius, terutama B.Inggrisnya klo memang mau ke negara berbahasa Inggris. Kalau ada yang perlu ditanyakan Silakan saja, jangan sungkan

  4. Helooohhh! :)))
    Cita dan CIntaaa… Yuk mareee….disana berapa lama? ih di line cuma say hello doang kamu mah dill. 😦

  5. wahh…keren banget dapet scholarship kuliah di todai…tokyo daigaku…
    lancar n sukses studinya…
    salam kenal..:)

  6. Subhanallaah.. Kakak hebat banget. Siapa yg nolak ya kalo dapat rezeki kayak kk. Alhamdulillah semoga kk mendapat kelancaran disana ya. Oh ya saya jg mahasiswi IPB, dept. Biologi. Doakan saya menyusul jejak kakak ya, tp saya pingin ke jerman sih hehe
    Terima kasih kak sudah menginspirasi

  7. Alhamdulillah Resti saya juga nggak kebayang sebelumnya. Saya nggak ada persiapan sama sekali untuk wawancara padahal, mungkin karena banyak doa dari orang tua dan teman-teman jadi bisa lolos. Nanti kalo LPDP masih ada kamu juga harus coba ya, sekarang mulai persiapkan aja syarat2nya mumpung masih semester awal. Mau kemanapun Oke, LPDP banyak duit hehe.

  8. Salam kenal mas m fadhillah,
    sebelumnya selamat yaaa… kenalkan saya letty, kebetulan saya jg lolos untuk yg tahap V (wawancara 3-4 juni 2014). Mau nanya mas, selanjutnya mas dapat jadwal PK berapa dan kapan? Saya kebetulan dapat jadwal PK 19 (katanya sekitar Oktober) tapi sampai sekarang belum ada info/email lebih lanjut lagi… Kalo misal mas ada info-info mungkin bisa share 🙂
    Terima kasih…

  9. wahhh terima kasih atas responnya yang cepat…
    saya sudah buka link-nya, tapi nampaknya PK 19 belum ditentukan ya tempat dan tanggalnya. btw, dulu waktu saya buka link itu masih ada daftar nama-nama pesertanya ikut PK berapa. nah, link yang mas kasi itu kok nama-nama pesertanya sudah ga ada ya? terima kasih…

  10. Sama-sama, soalnya kebetulan saya pake app WordPress di android jadi setiap ada komen dapet notifikasi di hp, kyk sms juga dan bisa langsung balas. Mungkin databasenya sedang diupdate oleh panitia, soalnya ada PK yang udah jalan dan selesai seperti yg agustus jadi databasenya kudu diupdate, begitu sih kyaknya.

  11. keren gan.. mw nanya2 nih, itu universitasny milih sendiri ya ? trus yg d tes d situ jlpt ap ada yg lain ? klo misal yg d tes jlpt, yg d tes jlpt brp gan ?

    trims, sorry bnyk nanya 😀

  12. Makasih gan. Iya, itu bisa milih sendiri, tapi LPDP punya list universitas yang boleh dipilih (universitas top-top dunia aja). Klo pake JLPT itu biasanya N2 yang setara TOEFL 550

  13. makasih gan jawabannya.. 😀 kisah agan inspiring bgt ! saya jd semangat buat ngincar beasiswa studi ke jepang hehe.. saya masih mau memasuki semester 3 gan, senin ini mulai kuliah.. alhamdulillah semester 1 & 2 IP saya d atas 3,5 gan
    doain ane ya gan supaya bsa jd kyk agan 😀 salam sukses !

  14. ada info ga mas ttg apa yg membuat kita lulus atau tdk pd tahap PK? saya masuk ke PK 21 dan sdh kuliah per awal september ini.
    tq

  15. Kalau ngobrol dg tman2 yg sudah PK katanya, yg lulus PK itu yg bisa mengikuti PK full (tidak absen) dan mengerjakan smua penugasan yang diberikan panitia

  16. salam kenal mas…wah selamat ya mas. sy juga berminat apply beasiswa LPDP ini ke Jepang juga. tujuan saya sih antara University of Tsukuba, Keio University, atau Kyushu University. doakan lancar ya hehe

    sy mau minta contoh essay dan rencana studi, boleh tdak mas?
    sy jurusan desain, dan itu masih sedikit, jd saya agak bingung tulisnya seperti apa. hehe
    kalau boleh tolong di email ke naomi.saddhadhika@hotmail.com ya mas. terima kasih banyak mas. Good Luck 🙂

  17. Semoga lancar ya Naomi-san. Smoga jadi awardee selanjutnya. Klo utk essai sbenarnya bebas saja, tidak ada aturan khusus, bahkan bisa kayak cerita di blog. Kayaknya saya agak malu klo essai saya dibaca, hehe.

  18. wah selamat mas, keren banget.. saya juga mau apply LPDP nih rencana. mau tanya mas, untuk penguasaan bahasa inggris itu harus punya sertifikat2 itu ya ? kya IELTS, toefl, dan kawan2nya.

  19. Makasih. LPDP untuk luar negeri cukup menyertakan minimal TOEFL ITP 550 atau tes lainnya yg lebih tinggi (iBT/ IELTS) yang setara dgn itu.

  20. wah sugoi….!!! menginspiratif saya.. semoga bsa jg kya agan… semoga sukses disana… brharap sepulang studi baktinya untuk indonesia yaa..

  21. Alhamdulillah,semangat fadhil mksh udah nularin semangatx..ragu2 awalnya utk apply berkas ke panitia baca cerita kamu jd smgaatt..Ganberaba dekiru dhil ^^/

  22. halo kak, salam kenal 😀 mungkin saya salah satu yang telat komen mengingat postingan ini adalah postingan tahun lalu hehe 😀 saya tertarik sekali untuk mencoba apply LPDP seperti kakak, saya ada beberapa pertanyaan nih hehe,, semoga kakak masih berkenan untuk menjawab:
    1) saya baru saja lulus jenjang S1 agustus kemarin, dan sekarang saya memilih untuk bekerja terlebih dahulu kurang lebih 1-2 tahun sekaligus untuk mempersiapkan berkas2 dan persyaratan apply LPDP (semoga dimudahkan)..untuk LPDP apakah lebih diutamakan fresh graduate atau dengan bekerja juga memiliki nilai tambah tersendiri?
    2) setelah saya lulus ini, saya belum sempat mengikuti kegiatan2 sosial di masyarakat lagi, sebelumnya pada saat kuliah saya sempat mengikuti beberapa organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang sosial, saya ingin sekali ikut kembali tetapi dikarenakan waktu yang berbenturan dengan waktu kerja, dan saya yang masih belum beradaptasi dengan lingkungan kerja yang masih baru (baru 2 minggu bekerja di kota baru). pada salah satu syarat untuk apply beasiswa LPDP adalah kita harus aktif dalam kegiatan sosial masyarakat… menurut kakak bagaimana dengan kondisi tersebut sekiranya pada saat saya apply saya belum mengikuti kegiatan sosial di masayarakat? dan untuk kegiatan sosial tersebut apakah harus berhubungan dengan jurusan/bidang ilmu yang kita tekuni, sehingga ilmu kita dapat benar-benar teraplikasikan?
    3) untuk applikasi bidang teknik sipil bagaimana ya peluangnya?
    4) apabila pada saat apply pertama kali kita belum memiliki LoA tetapi kita sudah memutuskan untuk menuliskan Uni A di form pendaftaran. Tetapi pada nyatanya ternyata kita tidak diterima di Uni A, dan kita mencoba untuk untuk mendaftar diterima di uni B dan ternyata diterima.. itu bagaiman ya kak? apakah pihak LPDP masih akan mempertimbangkan untuk diterima?

    Terima kasih kak, maaf banyak nanya, semoga berkenan untuk menjawa 😀

  23. Terima kasih sudah berkunjung,
    1) untuk LPDP apakah lebih diutamakan fresh graduate atau dengan bekerja juga memiliki nilai tambah tersendiri?. — Tidak ada yang lebih diutamakan, yang dinilai kesiapan Anda.

    2) menurut kakak bagaimana dengan kondisi tersebut sekiranya pada saat saya apply saya belum mengikuti kegiatan sosial di masayarakat? dan untuk kegiatan sosial tersebut apakah harus berhubungan dengan jurusan/bidang ilmu yang kita tekuni, sehingga ilmu kita dapat benar-benar teraplikasikan? —- Lebih baik jika ikut aktif di kegiatan sosial, coba mulai ikut kegiatan. Pemberdayaan lingkungan sekitar, atau bergabung dengan kegiatan yang sudah ada. Saya rasa tidak berhubungan dengan keilmuwan pun tidak masalah

    3) untuk applikasi bidang teknik sipil bagaimana ya peluangnya? — Teknik termasuk salah satu bidang yang diprioritaskan LPDP lho

    4) tu bagaiman ya kak? apakah pihak LPDP masih akan mempertimbangkan untuk diterima? —- Kasus seperti itu banyak, jangan khawatir. Tapi yang perlu diingat, saat wawancara Anda akan ditanya oleh reviewer soal Univ A (yang Anda masukkan di aplikasi LPDP), jadi tetap pelajari soal Univ A, mengapa memilih univ tersebut dsb. Kalaupun nanti setelah lolos, Anda mau berpindah univ. tidak saja masalah. Silakan melihat tulisan saya soal itu di sini http://mfadhillah.com/2015/06/23/beasiswa-lpdp-pindah-universitas-tujuan-belajar/

Leave a Comment

