Indonesia Merdeka !! Palestina Merdeka !!

“Duaaarrr” bunyi ledakan peluru dari sebuah tank yang mengenai kerumunan rakyat sipil dan sontak banyak orang yang langsung tersungkur jatuh. Sekujur luka tampak ditubuh mereka dengan darah di mana-mana. Tak lama tim medis datang dan membantu mengevakuasi para korban”. Sejenak kemudian, riuh tepuk tangan dari para penonton termasuk para pejabat dari panggung kehormatan. Kejadian penggempuran yang terjadi di jalur Gaza, Palestina, namun pada acara pawai Karnaval merayakan HUT RI ke-69 di kecamatan Kelapakampit, Belitung Timur.

IMG_8710

IMG_8748

IMG_8733

 Tema tentang Palestina tersebut dibawakan oleh anak-anak SMP Negeri 2 Kelapakampit dalam rangka merespon isu hangat yang diberitakan media akhir-akhir ini. Topik lengkapnya adalah “Dengan semangat Proklamasi dan Kepemimpinan baru Bangsa Indonesia, Kita Dukung Perdamaian Dunia” Meski terlihat sebagian anak tidak tahu banyak detil tentang konflik Gaza-Israel, namun banyak terlihat sumringah. Mereka yang menjadi tentara Israel berpakaian militer, dan berpakaian serba hitam sambil menyandang senjata mainan plastik. Prajurit Israel berjalan mengiringi sebuah Tank yang tadi sempat menembakkan pelurunya. Prajurit Al-Qassam pun tidak mau kalah, mereka menyiapkan beberapa buah roket yang siap tembak serabagi bentuk perlawanan atas penjajahan Israel. Sementara itu, di barisan rakyat Palestina, banyak terlihat ibu-ibu dengan gamis panjang berwarna hitam, anak-anak kecil, sebagian sudah banyak terluka akibat gempuran tadi. Paling ujung barisan, ada tenaga medis yang akan memberikan bantuan medis.

IMG_8711IMG_8717

Rombongan pawai karnaval HUT RI di Kecamatan Kelapakampit ini diikuti oleh sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama dan atas (SMP/SMA) di wilayah kecamatan. Panjang rute yang dilalui sekitar 3 KM dengan lokasi yang cukup strategis. Rute tersebut melewati 1 Masjid, 2 Gereja dan 2 Vihara Budha serta melewati “kompleks” etnis Pribumi dan Tionghoa di Kecamatan ini. Tentunya kami ingin ini bukan hanya tersampaikan (seolah-olah) kepada kaum muslim saja namun juga setiap yang berdiri dan disebut manusia. Mantan PM Turki R.T Erdogan juga pernah berkata “Anda tidak perlu menjadi Muslim untuk membela Gaza, cukup sebagai seorang manusia” (you don’t need to be muslim to stand up for gaza you just need to be human) Isu Palestina yang dibawa memang bukan lagi jadi isu agama saja, namun sudah menjadi isu kemanusiaan yang sudah dikutuk oleh jutaan orang di berbagai belahan dunia terlepas dari ras dan agama. Bagi Indonesia sendiri, Palestina merupakan negara pertama yang mengakui kedaulatan RI pasca proklamasi kemerdekaan. Sungguh sebuah ironi karena kini bangsa itu tidak lagi “merdeka”.

Kini kita masih menantikan perjuangan militer dan diplomasi dari Para Pejuang Hamas di Gaza untuk melepaskan Blokade yang sudah lama mengekang hak-hak merdekanya rakyat Gaza. “Palestian/Hamas harus mengakui Israel sebagai negara (yang berdaulat)” kata salah satu Senator Amerika John Mccain, namun nyatanya Israel-lah yang lama sudah tidak mengakui Palestina (Gaza) sebagai Negara yang sudah merdeka jauh sebelum Israel berdiri di tanah mereka. Kalau kata cak Lontong “Mikir dong !!” Haha. Ya Gaza, kami tidak hanya ingin membantumu dengan Doa namun kami buatkan tank-tank dan roket-roket untuk “membombardir” kesadaran Rakyat Belitung akan tragedi kemanusiaan memilukan yang terjadi di sana. Salam cinta dari Indonesia. Merdeka Indonesia, Merdeka Palestina !!

Advertisements

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s