Silaturahim Masyarakat Belitong di Jaksel

Foto dulu sebelum masuk gedung

Hari Ahad (Minggu) 21 September kemarin saya dan teman-teman IKPB bogor ada agenda bersama ke sebuah acara tahunan Ikatan Keluarga Masyarakat Belitong (IKMB) di Jakarta Selatan. Acara tahunan ini biasanya digelar tak lama setelah lebaran Eidul Fitr jadi seringnya disebut Halal Bi Halal. Namun, karena tahun ini sepertinya lebaran kemarin uhda lewatnya banyak jadi acaranya disebut Silaturahim saja. Lokasi acara di Gedung Graha Purna Wira Polri dekat Polres Jakarta Selatan, di daerah Panglima Polim. Dari IKPB Bogor ada 10 orang yang berangkat kesana, sebagian yang lain ada acara lain. Dari Asrama kami berangkat sekitar pukul 7 pagi menuju Terminal Bubulak, mau lanjut ke arah Blok M pake APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway). Eh, ternyata kalo hari libur (minggu), APTB ke Blok M itu nggak beroperasi karena jalurnya kena “Jakarta Car Free Day“. Akhirnya kami memutuskan untuk tetap naik APTB namun ngambil tujuan ke Grogol, setelah itu turun di Semanggi dan lanjut Busway ke Blok M. Tiket APTB itu lumayan mahal juga hehe, 16000.

Setelah nyampe di Blok M, sempat nanya-nanya dulu bis/angkot yang lewat Polres Jaksel, dan dikasih tahu ternyata yang lewat situ Metromini 610, dan murah cuma 3000 perak karena nggak jauh-jauh amat juga sih. Karena hampir semua perjalanannya lancar makanya sekitar jam 9 kurang, kami sudah sampai di TKP.

Acara sebenarnya terjadwal mulai jam 9 namun akhirnya baru benar-benar dimulai jam 10-an. Yah, lumayan agak bosen juga nunggunya. Setelah acara dibuka, seperti biasa ada sederet sambutan : Ketua Panitia, Ketua IKMB, Wakil Pemuka Masyarakat di Belitong, Gubernur Babel, dan Bupati Belitung, terakhir ditutup dengan doa. Setelah doa barulah acara “inti” dimulai, makan-makan gratis sambil dihibur oleh penyanyi senior dan fenomenal asal Belitong, Sidik dan Jhony Rodith.

IMG_8445

Dari beberapa sambutan tadi ada beberap hal penting yang saya tangkap terkait Belitong. Pertama, fokus pengembangan daerah adalah sektor pariwisata. Namun, ada kendala yang dihadapi yaitu sumber listrik yang kurang. Beberapa hotel tidak bisa beroperasi akibat listrik yang tidak memadai di Belitong. Oleh karena itu, pihak terkait masih mengusahakan adanya tambahan power plant baru di Bangka Belitung untuk mengatasi masalah ini. Hmm, memang iya sih. Pas pulang ke rumah kemaren listrik mati-nyala-mati-nyala beberapa kali dalam sehari.

IMG_8437

Well, setelah agak serius-serius, barulah acara beranjak ke hiburan dan santap siang. Sambil santap siang, masyarakat Belitong dihibur oleh Bang Sidik dengan lagunya yang kece-kece, bukan hanya menghibur bahkan sampai bisa bikin ketawa. Lagu Beliau ini sering diputar di asrama, jadi saya sudah lumayan familiar. Terbukti, banyak pengunjung yang suka penampilan Bang Sidik waktu itu. Top deh pokoknya, walaupun sudah umur tapi masih setia menghibur rakyat Belitong dengan lagu-lagunya yang unik.

Sebelum pulang, anak-anak IKPB Bogor narsis dulu haha, biasalah anak muda. Kurang lengkap rasanya kalo kemana-mana nggak foto-foto. Pas pulang kita nggak pake APTB lagi, katanya mahal hehe, jadinya kita pake commuter line. Dari TKP ambil metromini 610 arah kebalikannya kemudian ambil satu metromini lagi buat nyampe ke stasiun Sudirman dan kemudian baru naik KRL ke Bogor. Biaya pulang totalnya cuma 10500. Hemat kan !! hehe.

IMG_8454

Advertisements

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s