Cara memesan tiket KOREAN AIR

korean air1Ini salah satu cerita unik yang sepertinya perlu saya ceritakan di Blog ini. Berkaitan dengan kunjungan singkat ke Jepang (Fukuoka) 21-25 Oktober lalu, saya dipercaya jadi panitia sibuk untuk ngurus tiket dan visa serta hal lain untuk keberangkatan. Kami ada enam orang (termasuk saya). Maskapai yang rencananya dipilih untuk menuju Airport Fukuoka adalah KoreanAir atas saran dari Nakamura-san yang juga nanti akan pulang kampung pada tanggal itu. Maskapai dari Indonesia tidak ada yang punya direct flight menuju Fukuoka, mesti ada transit dulu. Sebenarnya pengennya sih naik garuda, tapi sepertinya belum memungkinkan. Nah, untuk KoreanAir sendiri menyediakan maskapai menuju Fukuoka namun transit dulu di Incheon (Korea). Namanya juga maskapai Korean Air ya pasti tujuan utamanya ke korea dulu lah ya hehe.

Awalnya, sebelum saya memesan tiket koreanAir, saya buka website mereka http://www.koreanair.com. Setelah itu langsung memasukkan input data-data penerbangan yang diperlukan, termasuk nama-nama calon penumpang. Setelah semua saya lengkapi kemudian keluar pilihan “Bayar Sekarang” atau “Bayar Nanti”, saya pilih “Bayar Nanti/ Pay Later” karena memang hanya untuk keperluan mengurus visa Jepang dulu. Setelah benar-benar fix nanti barulah dibayar. Tenggat waktu pembayaran (purchasing limit-nya pun cukup jauh, sekitar 4 hari setelah di-book di websitenya.

korean airKarena deadline semakin mendekat, dan visa pun juga sudah keluar maka tiket juga harus dibeli/dibayar. Kalo mengikuti petunjuk websitenya, maka pembayaran hanya dapat dilakukan dengan Kartu Kredit saja. Saya juga nggak terlalu ngeri nih yang ginian. Masa’ sih nggak bisa cash ??. Saya telpon berkali-kali kantor cabang Korean Air di Mayapada Tower Jakarta, depan Halte Busway Karet Jakarta. Panggilan saya tidak diangkat-angkat, kurang tahu juga kenapa. Saya coba dan coba lagi tidak diangkat, meski itu masih di office hour. Akhirnya Sabtu siang (17/10) saya berangkat dari Serpong ke Jakarta untuk datang langsung ke kantornya. Tujuan saya adalah ingin membayar tiket dengan menghindari cara pembayaran dengan Kartu Kredit. Sampai di sana sekitar jam 2 siang. Kata Pak Satpam sudah pada pulang, karena kalau Sabtu cuma setengah hari aja. Dalam hati was-was karena deadline pembayaran jam 6 sore itu, kalau tidak dibayar akan lepas dan bisa jadi dapet harga yang lebih mahal atau malah nggak dapat tiketnya lagi. Karena masih ngegantung, saya putuskan langsung ke Bandara Soetta, ke kantor Korean Air di Bandara. Sampai disana, saya langsung sampaikan maksud saya ke pegawai di kantor korean Air, meski mereka bukan orang ticketing. Intinya, apakah mungkin dibayar dengan cash, atau transfer. Mereka bilang kalau mau cash harus ke kantor, atau denga kartu kredit. Tidak ada opsi lain. Oh ya, sebelumnya say a pernah nanya admin KoreanAir di Twitter dan jawabannya pun sama, harus pakai kartu kredit. Tapi, setelah negosisasi akhirnya, mereka mau mengundurkan limit pembayaran jadi senin sore, dan bayar cash ke Kantor di Mayapada.

Senin Pagi (20/10) saya telpon lagi ke Kantor KoreanAir di Mayapada dan kali ini diangkat. Mereka bilang bisa bayar dengan cash baik rupiah atau dolar. Kalau rupiah mereka kurskan dari dolar dengan kurs tinggi karena mau ‘ambil aman’. Ditunggu paling lambat jam 2 siang. Alhamdulillah masih ada waktu. Tak disangka, Jakarta sedang menyambut Presiden baru hari itu juga, jalanan dari DPR ke Istana ramai dan padat. Butuh usaha tersendiri untuk menembus kerumunan orang ini untuk sampai ke Mayapada.

Pas sampai di kantor Korean Air Mayapada, kami sebenarnya sudah siap bayar dengan rupiah namun waktu nanya kurs yang mereka gunakan tinggi, kita jadi mikir-mikir lagi. Saat itu kurs mereka 12300 sementara di money canger di bawah hanya 12030. Lumayan kan !! Akhirnya kita cari money changer di sekitar situ dan tukar uang rupiah ke dolar, marginnya lumayan juga. Maklum mungkin lagi pada seneng karena Pak Jokowi jadi presiden dengan aman dan damai. Hahahaha. Hari itu penuh dengan jalan dan keringat.

Jika Anda ingin memesan KoreanAir maka berikut langkah-langkahnya :

  1. Book tiket di webnya koreanair[dot]com, sampai dapet kode bookingnya
  2. Bila belum yakin apakah sudah ter-book atau belum maka bisa dicek di menu “My Trip” di web yang sama, masukka kode booking dan keluarlah rincian perjalanan yang telah Anda book sebelumnya
  3. Lakukan pembayaran cash dengan datang langsung ke Kantor KoreanAir di Mayapada Lt.9 (kalau nggak salah sih), jangan lupa bawa fotokopi paspor semua calon penumpang. Bisa gunakan rupiah atau dolar. Mengenai baiknya yang mana, cerita saya diatas bisa menjelaskannya kan ?? Hehe
  4. Kalau Anda sudah familiar dengan kartu kredit, maka bisa bayar dari rumah saja tanpa perlu kemana-mana

Sekian —

One comment

Leave a Comment

