Beasiswa LPDP : Mencari Sensei di Kyudai

wpid-kyushu-u_logo22.jpgLanjutt. Kali ini saya sedikit cerita soal mencari sensei di Kyudai kemarin. Baiklah…. (mulai cerita) Setelah menemukan jurusan program studi Master yang pas di Kyudai, selanjutnya saya mencermati profil-profil calon Sensei yang akan saya kontak. Prodi yang awalnya saya pilih adalah Bioresource Sciences, mata kuliah di dalamnya berisi setengah tentang pertanian (Agricultural Bioresources) selebihnya tentang (Animal and Aquatic Bioresources). Karena sempat beberapa kali membahas tentang Ikan Sidat di kerjaan, saya jadi punya keinginan untuk studi lebih lanjut tentang itu. Saya pun memutuskan untuk mengontak salah satu Prof. yang punya bidang keahlian seputar topik tersebut. Saya mengirimkan surel (email) ke Beliau yang kira-kira menyebutkan beberapa poin penting : perkenalan, ketertarikan dan alasannya, ingin bergabung di Lab-nya, dan terakhir tentang beasiswa yang sudah saya miliki. Hari demi hari saya menunggu balasan dari email itu. Seminggu kemudian baru ada email balasan masuk dan mengatakan bahwa di Lab tersebut tidak ada kajian tentang topik yang saya inginkan, silakan coba mencari ke Lab lain. Saya disarankan demikian. Saya coba kembali berdiskusi bahwasannya soal topik saya bisa menyesuaikan dengan kajian di Lab saat ini, jika saya memang diterima di Lab tersebut nantinya. Kami saling berbalas email, namun yang saya sayangkan adalah saya selalu menunggu email balasan yang baru sampai kira-kira > 4hari, kadang bahkan sampai 1 minggu dari Sensei ini. Sementara itu, batas pendaftaran di Kyudai untuk gel. 1 akan ditutup akhir Maret 2015. Kalo kondisi diskusinya begitu, pasti bakal lewat deadline nantinya. Akhirnya saya memutuskan untuk mengontak ke program studi lainnya, sebelahan sama yang lama.

Pindah haluan ke Bioscience and Biotechnology. Karena basic saya di Biologi/ Mikrobiologi saya mencoba nyari-nyari Lab yang seputar itu, tapi yang agak keren dikit namanya. Akhirnya nemu Lab. Microbial Technology, dengan Prof. Sonomoto sebagai kepala Lab-nya. Saya layangkan email kembali. (Oh ya, email ini sudah dikoreksi oleh dua orang lulusan NTU Singapura haha, terharu banget. Thanks to Mr. Radyum Ikono dan Mr. Ridwan Salim Sanad). Redaksi emailnya seperti ini :

Email Subject : Prospective Master Student with External Funding

Dear Prof. Sonomoto,
 My name is Mohammad Fadhillah. I am holding a Bachelor of Science
 (B.Sc) degree from Department of Biology, Bogor Agricultural University (IPB), Indonesia, completed it in February, 2014. My undergraduate research topic was related to microbiology field. I have visited your laboratory's website and also read your papers related to microbial utilization of renewable resources. I am really interested to study more about it.  It is an honor for me if I can join your laboratory and conduct a research under your supervision.
I am awarded Master Scholarship by Indonesia Endowment Fund for Education (LPDP). The scholarship will cover all expenses during the study. If my application accepted, I am ready to begin the course on this coming September 2015.
For your consideration, hereby I enclosed my Curriculum Vitae and Sponsor Letter from LPDP. I am looking forward to hear from you soon. Thank you very much.
Best Regards,
 Mohammad Fadhillah

Sekitar jam 8 atau jam 9 malam saya kirimkan email itu, besok paginya saya dapat balasan email ini :

Dear Mr. Mohammad Fadhillah,
Thank you for your interest in my lab. You are welcome to my lab as a master course student of International course from this October, 2015. I will give you the research topic, that is, Studies on efficient L-lactic acid fermentation system from renewable resources by lactic acid bacteria. If you accept my proposal, I will prepare " Field of Study and Study Program " for the application.
By the way do you have any certificate of official English qualification such as TOEFL, TOEIC or IELTS ? Because it is necessary for the application unless the applicant is a native speaker of English (See attached fike " List of required documents "). I also attached the formats. The deadline is the end of this March !!
 I hope your quick response.
Best regards,
 Kenji Sonomoto

Seketika wajah langsung sumringah dan exited pas baca email ini. Alhamdulillah ya, ada juga yang mau nerima saya wkwkwkkwk. Setelah itu kami lanjut berdiskusi via email. Karena masih mengharapkan yang pertama, saya katakan untuk topik tersebut saya masih harus diskusikan dengan pembimbing saya di Indonesia dulu. Beliau meminta saya untuk segera mengirim berkas karena waktu itu sudah mulai awal Maret 2014. Saya sendiri awalnya masih mengharap yang pertama jadi ini agak diselowkan prosesnya. Karena tidak ada kabar baik dari yang pertama, balasannya lama banget. Jadi, bismillah, saya mulai memfollow-up tawaran ini. Saat itu sudah pertengahan Maret. Sebenarnya dokumen sudah hampir lengkap, tinggal beberapa surat rekomendasi saja.

Saya beberapa kali ke Bank Mandiri Pemda Cibinong (untuk bayar Entrance Exam Fee), namun 2 kali kesana transaksi gagal karena katanya harus di bawah jam 9, sementara antrian orang selalu penuh

Setelah semuanya terkumpul, saya kirimkan ke Fukuoka (alamat Senseinya) karena Beliau yang akan memasukkan aplikasi ini ke Universitasnya. Saya mengirim berkas tanggal 24 Maret 2015. Yang membuat agak lambat adalah pembayaran Entrance Exam Fee : 30.000 Yen. Saya beberapa kali ke Bank Mandiri Pemda Cibinong (untuk bayar Entrance Exam Fee), namun 2 kali kesana transaksi gagal karena katanya harus di bawah jam 9, sementara antrian orang selalu penuh. Akhirnya saya minta bantuan teman di Jepang untuk mentransfer via ATM di Jepang dan mengirimkan buktinya ke saya. Saya cuma perlu mentransfer rupiah ke rekening Indonesianya. Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah 3 sekali.

Nah, soal kirim mengirim dokumen nih. Saya mau cerita sedikit soal hal ini. Awalnya saya berniat mengirim dengan kurir internasioanal gitu kayak DHL. Sudah nyoba-nyoba nyari DHL di sekitar Bogor, eh ternyata memang nggak ada. Adanya di Jakarta, yaiyalah. Karena nggak sempat ke Jakarta, saya coba iseng-iseng aja nanya ke POS, kiriman ke Fukuoka biayanya berapa, dan kira-kira sampe kapan. Biayanya 145rb-an kalo nggak salah, sampe sekitar 3 hari. Wah, kaget tuh ceritanya. Ya udah ah, pake POS aja deh kalo gitu ceritanya, daripada nyampe ke Jakarta cuma buat ngirim dokumen ini aja. Saya kirim dokumennya tanggal 25 Maret, berharap kalau +3 hari jadi sampai di Fukuoka tanggal 28 Maret. Masih ada waktu (walaupun dikit) sampai tanggal 31 Maret.

Setelah dikirim, saya langsung email ke Prof. dan nunggu dari hari ke hari konfirmasinya apa dokumennyya sudah nyampe atau belum. Tanggal 28, 29, 30 paketnya belum nyampe juga. Yabaaiii. Asem banget ini yang bilangnya 3 hari nyampe. Gimana nasib saya nih. En ternyata pas tanggal 31 ada email dari Prof. saya, katanya dokumennya baru diterima pagi hari itu dan akan langsung disubmit ke pihak universitas. Lega banget rasanya, sekaligus agak malu juga sama sensei karena pas banget dokumennya nyampe di hari deadline.

Meskipun dokumen sudah disubmit dan sepertinya tidak ada hal yang kurang, namun rasanya deg-degan masih belum juga beres. “Bakal lolos ape nggak nih ya aye ?”. Untunglah, tanggal 2 April si Sensei mengirim email yang isinya agak membuat lega sebentar, sambil menunggu pengumuman aslinya keluar. Begini bunyi emailnya :

Dear Mr. Mohammad Fadhillah,

The office will inform you the result of acceptance at the end of April to the beginning of May. I am sure that you will be accepted as a master of the international course of my faculty from this October. 

Daaaan, syukur alhamdulillah tanggal 28 April 2015 Student Section dari Fakultas Pertanian mengirim email berikut :


Pengirim : 農学部事務部学生係 <noggakus@xxxxxx.kyushu-u.ac.jp>
Subject : (Kyushu University) Result of Entrance Examination
Dear Mr. Mohammad FADHILLAH,
(Please send me a reply when you receive this e-mail.)
This is Student Section of Agriculture, Kyushu University.
We are pleased to inform you that you are admitted to the International Development Research Course for international students (Master’s Course) in the Graduate School of Bioresource and Bioenvironmental Sciences, Kyushu University. Period of duration for your study in this course is from October 1, 2015 to September 30, 2017.
Regarding "Certificate of Admission", we'll put it into the same envelope when we send your CoE (Certificate of Eligibility for Status of Residence) to you.

wpid-img_20150506_115544.jpg

Tak terasa, satu per satu proses menuju Master Degree sudah telalui, selanjutnya ada beberapa proses lagi yang mesti dilakukan sampai benar-benar tercapai studi di negeri Matahari terbit itu. Gambarimasu !!

8 comments

  1. Waaah, selamat ya mas!
    Saya juga mau ke Kyushu mas! Hhe..
    Ceritanya inspiratif sekali. Btw, setelah ngirim aplikasi masnya ikut entrance exam apa nggak mas? Kok itu bayar doang sama kirim aplikasi, terus tau tau langsung diterima jadi student? Agak bingungin. Hehee..
    Mohon balesannya ya mas.

  2. Makasih Mas Maryadi. Mungkin istilah “Entrance Exam” itu adalah seleksi berkas aja mas, klo di Kyudai. Tapi, ada tmen saya mahasiswa S3, memang ikut entrance exam beneran. Tergantung fakultas mungkin juga sih.

  3. Dear Mas Fadhillah,
    Sebelumnya selamat ya mas diterima di Kyushu University. Alhamdulillah saya juga sudah diterima untuk Oktober 2015 di Graduate School of Bioresource and Bioenvironmental Science dan baru dinyatakan lulus kemarin Juli. Mudah-mudahan bisa sharing informasi dan bareng kesana… hehehe

    Btw, sekarang saya baru selesai isi online application system untuk CoE dll. Mohon info kemarin CoE diterima berapa lama setelah submit ya mas? Terus apa perlu kita kirimkan dokumen-dokumen asli yang kita lampirkan di online system melalui pos?

    Mohon info ya mas.
    Arigatou gozaimasu

  4. Mas Fandi, terima kasih sudah berkunjung. CoE butuh waktu sekitar 2 minggu-1 bulan sampai dikirim ke kita Mas, mungkin pertengahan Agustus. Kapan rencana berangkat, klo kami sepertinya tgl 24 sept malam.

    Soal dokumen yang disubmit, seperti certificate of scholarship kalau masih dibutuhkan untuk ngurus visa dan lainnya, boleh tidak dikirim.
    Doumo

  5. Mas Fadhil, terima kasih informasinya. Saya rencananya akan berangkat pada 27 sept malam. Btw, rencana dormitory dimana mas?

  6. Saya baru brgkt tanggal 27 sept mas. Wah dormitory kita sama mas. Saya juga di Kashiihama. Sampai jumpa nanti disana mas.

  7. Assalamu’alaikum kak. Saya sangat senang ngebaca tulisan kakak soalnya sangat menginspirasi. Saya tertarik utk melanjutkan studi ke Jepang dgn harapan dpt bantuan dri LPDP. cuma saya masih butuh banyak bimbingan utk setiap alurnya. Boleh minta kontaknya kak yg bisa saya hubungi? Soalnya saya mau tanya2 seputar beasiswa ke LN.. terima kasih sebelumnya..

Leave a Comment

