Beasiswa LPDP : Pindah Universitas Tujuan Belajar

LPDPTopik berikutnyaaa… Setelah mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dari kampus pilihan hati (cie cie #apasih hahahah), “Kyushu University (Kyudai)”, saya kemudian harus memikirkan untuk Permohonan Pindah Universitas ke LPDP. Kenapa ? Jika tidak ada pengajuan pindah universitas maka, LPDP masih menganggap kampus tujuan saya adalah sama seperti apa yang saya submit waktu pendaftaran dulu “The Univ. of Tokyo (Todai)”. Mekanisme untuk mengubah ini dengan mengajukan Permohonan Pindah universitas. Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk pengajuan tersebut antara lain :

  1. Surat Permohonan Pindah dari Awardee (tidak ada format surat yang baku)
  2. Letter of Acceptance (dari kampus yang baru)
  3. TOEFL/ IELTS (mungkin perlu banget untuk yang pindah dari DN ke LN)
  4. Dokumen pendukung lainnya (misalnya surat rekomendasi atau lainnya

Alhamdulillah, semuanya tak perlu repot-repot dikirim via POS namun cukup dengan email saja ke PIC-nya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kampus tujuan. Umumnya jika kampus tujuan yang baru memiliki ranking yang lebih tinggi (biasanya mengacu pada QS university) maka proses pindah akan lebih mudah disetujui. Nah, kalau kasusnya kita akan berpindah dari kampus yang rankingnya tinggi ke ranking yang lebih rendah, saya dapet kabar bahwa ini akan sedikit “menegangkan”. Bisa saja disetujui, atau malah tidak, bahkan awardee bisa juga dipanggil ke LPDP untuk menjelaskan secara langsung perihal kepindahannya tersebut. Iiih, sereem kan ya. Tapi, dari pengalaman saya dan rekan-rekan lainnya yang mengajukan pindah dari kampus tinggi ke rendah rankingnnya, selama alasannya masuk akal dan banyak, hehe, rasanya akan lancar-lancar saja.

Untuk kasus saya yang pindah dari Todai ke Kyudai dengan ranking yang jauh beda (hampir 100 poin bedanya), saya mengutarakan beberapa alasan antara lain : Tidak berhasil menembus Todai karena program studi yang saya inginkan di Todai, ternyata tidak ada kelas internasionalnya (trus kenapa ente pilih kemaren Dhil ? (-_-#) hehehe), Kyushu Univ juga salah satu National University yang TOP di Jepang, mereka mempunyai kelas Int’l yang sudah dari tahun 1990an, saya sudah memiliki LoA dari kampus yang baru (Kyudai), sudah mendapatkan pembimbing (sensei) dengan profil akademik yang sangat baik, dan lain sebagainya. Itulah alasan-alasan kuat saya untuk mengajukan pindah unversitas.

Di beberapa kasus lainnya, ada beberapa awardee yang bahkan pindah dari kampus lama ke kampus yang baru namun tidak ada di list kampus tujuan belajar dari LPDP. Nah, ini kan akan lebih rempong sepertinya. Namun, karena alasan dan tujuan mereka memilih kampus yang baru tersebut tepat dan dapat dipertanggungjawabkan, misalnya : Universitas yang baru memang tidak terkenal, namun untuk salah satu program studi misalnya Penerbangan (Aviation), kampus ini adalah salah satu yang terbaik di dunia. Setelah itu Anda menyertakan surat rekomendasi/ pendukung pernyataan tersebut, maka alasan tersebut sangat masuk akal untuk diterima dan permohonan pindah Anda disetujui. Jadi, jangan takut jika suatu saat mengalami kasus seperti ini Kawan, LPDP tuh baik banget hehehe #promosi.

wpid-screenshot_2015-05-20-16-38-18.png

Surat Persetujuan Pindah Kampus

Saya mengajukan permohonan pindah pada tanggal 7 Mei dan Alhamdulillah disetujui pada tanggal 19 Mei-nya. Besoknya saya menerima email surat diatas. Nah, setelah pindah kampus disetujui kemudian akan langsung dikirimkan template untuk memperoleh Letter of Guarantee (surat sakti dari LPDP) dan kontak beasiswa yang harus ditandatangani. And, it means that you are getting closer to the day of your departure, please try not to cry, LOL.

(Updated 3 Des 2015)

Karena banyak yang meminta contoh surat pengajuan pindah universitas saya via email, untuk kemudahan kita semua saya sediakan link untuk download langsung di sini. Ini dia filenya (.docx) Surat Permohonan Pindah Universitas_Mohammad Fadhillah_PK22. Ucapan terima kasih cukup dengan cara meninggalkan komentar di blog ini agar saya tahu siapa yang men-download file tersebut.

Pada kasus saya, saya tidak buat Surat Rekomendasi dari pihak mana pun, jadi maaf saya tidak punya formatnya. Salam.

12 comments

  1. wah, saya mau nanya, waktu mengajukan universitas yang dibawah univ yang pilihan awal, apakah perlu sampai mengajukan surat rekomendasi dari profesor dan KBRI dari sana ya?

  2. Dear Mba Adisti, Kalau dirasa perlu dan akan lebih meyakinkan dengan dokumen itu, kenapa tidak. Tapi, kalau tanpa itu alasan pindahnya sudah cukup kuat dan masuk akal (mis. Ranking yg baru lebih tinggi dari yang lama), saya rasa tidak perlu.

  3. Ternyata ada tulisan kamu yang na ya Dhil. Sebenernya yang aku pengen tau tentang hal ini, hehe semoga lancar juga kayak Fadhil 😀

    anw, sukses di Jepaaaaaang semoga bisa kesana 😀

  4. Selamat malam,saya juga berencana melakukan perpindahan universitas dalam beasiswa LPDP. Apakah boleh saya meminta contoh surat rekomendasi dari profesornya? Jujur saya belum begitu paham mengenai surat rekomendasi Prof untuk pindah universitas.

    Terima kasih.

  5. Apakah bisa untuk pindah dari kampus dalam negeri ke kampus luar negeri?
    Trims

  6. Beberapa waktu lalu bisa mas. Saya kurang tau akhir-akhir ini apa hal tersebut masih boleh atau tidak, karena kata Bu Ratna akan sedikit mengganggu sistem penganggaran LPDP jika banyak awardee yang melakukan hal demikian

  7. selamat sore mbak saya juga sedang mencoba untuk melakukan perpindahan univ dr dn ke ln bisa mnta contoh draft nya ?? trima kasih ☺☺

  8. mas, saya sudah kirim ke email untuk meminta contoh draftnya. Terimakasih banyak

  9. Mas saya dr pk 39 juga berniat untuk pindah univ..apa boleh saya minta contoh surat rekomendasinya? Thanks

Leave a Comment

