kichijien

500 Yen untuk Makan Jeruk Sepuasnya

8

Apel Fuji

5

Jeruk Akaneko

Kichiji-en (吉次園) adalah tempat lain yang dikunjungi selain Pabrik Bir Suntory yang saya ceritakan sebelumnya. Nah, Kichiji-en itu adalah, bukan pabrik bir lagi pastinya, kebun buah yang bisa metik sendiri. Kichiji-en” terletak di Kota Kumamoto, Kita-ku, merupakan area pertanian yang menyediakan pengalaman unik memetik buah langsung dari pohonnya dan bisa langsung dimakan di tempat. Kichijien merupakan perkebunan organik yang menerapkan sistem organic dan eco-farmer serta tidak menggunakan pestisida. Kebayang nih, kagak punya atau pernah beli tanah sama sekali di jepang, kagak bisa nanam buah, kagak punya duit (ngenes banget dah) hahaha, tapi bisa metik buah macam di kebun sendiri, langsung dimakan pulak. Bukan satu dua biji tapi sampe sepuasnya selama 1 jam. Ehhmm, ya tapi nggak gratis lah pastinya ya. Keterlaluan banget kalo gratis mah, cukup bayar 500 yen untuk jeruk dan 800 yen untuk apel.

Sebelum dipersilakan masuk ke kebunnya, pengunjung harus bayar 500 yen dulu di kasir, kemudian baru dikasih peralatan memetik jeruk : gunting buah dan plastik putih. Kalo gunting kan jelas tuh buat apaan ya, nah plastik ini banyak yang salah tafsir. Ada yang bilang nanti kalo bawa pulang paling banyak satu plastik ini. Agak masuk akal sih, jadi saya percaya aja haha. Nah, ternyata setelah dijelaskan dari Mba-mbak tukang kebunnya, plastik itu untuk tempat sampah kuliat jeruk yang abis dimakan. Kalo mau bawa pulang jeruk harganya 400 yen per Kg-nya. Nggak gratis ya ternyata haha. Yahh. Kirain teh. Nah, selama satu jam, pengunjung (yang sudah bayar 500 yen) bisa makan jeruk sepuasnya, mau berapa biji pun boleh, kalo kuat sih. Oke, petik satu, nyam nyam makan, dua, tiga, empat, lima, enam, mata udah sepet. Oke, angkat tangan. Udah cukup kayaknya dah.

Cara memetik jeruk yang baik dan benar (diperagakan oleh model majalah …)

Selain jeruk, bulan Nopember seperti saat itu ada juga buah lain yang bisa dipetik, Apel. Variates Apel yang ditanam disini adalah Fuji, katanya salah satu yang terkenal di Jepang. Kalau ingin makan Apel sepuasnya di kebun, sebanyak apapun selama satu jam harganya agak sedikit mahal sih 800 yen. Kalo ingin dibawa pulang, tergantung beratnya, 65 yen/100 g. Hmm, mahal sih dibandingkan dengan sama yang sudah siap angkut di supermarket. Tapi, kalau ingin merasakan sensasi memetik apel seperti di kebun sendiri, boleh dicoba lah. Nah, buah apel nggak sebanyak buah jeruk lho, selain itu letaknya juga tinggi-tinggi jadi butuh sedikit tenaga ekstra.

Di kebun ini ada beberapa jenis buah yang bisa dipetik, tapi tergantung musimnya. Jenis buah-buahannya antara lain : apel, jeruk, stroberi, persimmon, pear, dan anggur. Harganya bervariasi antara tiap buah, dan tentunya berbeda juga untuk anak-anak dan orang dewasa. Ini jadwal tahunan Kichiji-en jika suatu saat berminat ke sana :

7